Tekan Harga, Senori Akan Bangun Gudang Penyimpanan Tembakau

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Permasalahan kerap kali menghampiri petani tembakau saat panen tiba. Harga jual tembakau misalanya. Dengan melimpahnya hasil panen, justru harga tembakau turun, keadaan yang sedemikian sering mengahantui para petani tembakau di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

[Baca juga: Kemarau Basah, Lahan Tembakau Berkurang]

Camat Senori, Eko Julianto mengatakan, masalah harga tembakau merupakan persoalan yang harus diselesaikan bersama kelompok-kelompok yang terlibat. Yang nantinya bisa berimbas pada kesejahteraan petani tembakau Kecamatan Senori.

"Selama ini yang menjadi penyebab turunnya harga saat panen adalah petani mencari pengepul," ujar Camat yang akrab disapa Eko, Kamis, (4/8/2016).

Eko menjelaskan, ada beberapa program nantinya yang bisa menekan harga tembakau saat panen. Salah satunya akan bekerjasama dengan dinas terkait untuk membantu pengadaan gudang penyimpanan tembakau kering.

"Sesuai hukum ekonomi, semakin banyak barang maka harga akan turun. Semoga dengan adanya gudang kita bisa mengatur penjualan tembakau," imbuh Camat muda ini.

Ditambahkan, selain pengadaan gudang penyimpanan tembakau, pemerintah juga akan mengkomuniaksikan agar pabrik rokok di Kabupaten Tuban, mau membeli tembakau petani Senori.

"Apabila pihak pabrik bisa membeli tembakau dari Senori, harapannya harga tembakau akan terangkat," pungkas camat Kelahiran Rembang Jawa tengah tersebut. [rof/rom]