Masih Potensi Bencana, BPBD Minta Waspada

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kondisi alam di Kabupaten Tuban di sekitarnya belakangan ini terjadi perbedaan tekanan uap air. Hal itu sesuai dengan prakiraan cuaca yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Tuban. Oleh karena, BPBD mengajak dan mengimbau masyarakat mewaspadai bersama potensi bencana alam.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com dari BPBD Pemkab Tuban menyebutkan, beberapa wkatu belakangan ini sering terjadi perkembangan pertumbuhan awan-awan. Selain itu, perbedaan tekanan yang terjadi serta kemungkinan dampaknya pada wilayah atau area berwarna kuning-orange pada peta prakiraan curah hujan bulan Juli 2016 Stasiun Klimatologi Karangploso Malang.

"Cukup besar perbedaan tekanan dan akumulasi uap air di utara Pantura Jawa, angin mengarah ke barat daya dan selatan. Semoga masih aman terkendali," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD, Joko Ludiono, Rabu (20/7/2016).

Melihat peta prakiraan cuaca, lanjut Joko, visual kumpulan awan berwarna orange itu pas di atas Tuban. Sehingga sudah sepatutnya diwaspadai dan berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan. Terutama bencana alam.

"Potensi selalu ada, upaya peringatan dini ini dalam rangka kesiapsiagaan dan mengurangi resiko telah dilakukan," terang Joko, panggilan akrabnya. [dwi/mad]