Pasca Lebaran, Pernikahan di Montong Mencapai 26 Pasangan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca lebaran atau masuk bulan syawal hingga Minggu (17/7/2016), di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban terdapat 26 pengantin yang melakukan pernikahan.

Pernikahan tersebut ada yang diselenggarakan di kediaman pengantin masing-masing dan ada pula yang diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Montong dengan gratis.

Banyaknya angka pernikahan yang dapat dikatakan dalam jangka waktu setengah bulan ini dipengaruhi oleh faktor budaya yang di mana bulan syawal merupakan bulan yang penuh berkah.

Kepala KUA Kecamatan Montong Muhammad Qosim mengatakan, mulai sebelum hari raya lebaran yakni pada malem songo angka penyelenggaraan pernikahan tinggi, namun tingginya angka pendafatar maupun pelaksanaan pernikahan hingga pasca lebaran ini mencapai 26 pasangan.

"Pasangan pengantin yang menyelenggarakan pernikahan pasca lebaran ada 26, diantaranya lima pasangan diselenggarakan di KUA dan sisanya diselenggarakan dirumah masing-masing," ungkap Kepala KUA Kecamatan Montong kepada blokTuban.com.

Kepala KUA Kecamatan Montong menambahkan, sementara ini calon pengantin yang telah terdaftar selama bulan juli yang dalam penanggalan jawa masuk bulan syawal mencapai hingga 94 pasangan dan diperkirakan masih akan bertambah, "Kemungkinan pendaftar menikah masih akan bertambah," pungkas Qosim.[hud/ito]