Di Tuban, 5.204 Bus Layani Pemudik Saat Lebaran

Reporter: Moch.Sudarsono

blokTuban.com - Di Kabupaten Tuban, sebanyak 5.204 armada bus telah melayani pemudik saat Idul Fitri 1437 H. Jumlah tersebut meliputi bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan juga bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Data yang dihimpun blokTuban.com, rekapitulasi perhitungan jumlah kendaraan bus pada mudik tahun ini dimulai dari Senin, 27/6/2016 hingga Rabu, (13/7/2016). Untuk kedatangan bus baik AKDP dan juga AKAP sebanyak 2.602, begitu pun untuk keberangkatan bus AKDP maupun AKAP mencapai angka yang sama yakni 2602.

Disampaikan oleh Kepala UPTD Terminal Kambang Putih Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban Koesdiono, memang untuk angkutan bus Lebaran tahun 2016 mencapai 5.204 armada. Total bus tersebut baik dari Atar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan juga Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pihaknya menilai bahwa jumlah kendaraan bus untuk mudik tahun 2016 ada penurunan dibandingkan dengan mudik tahun 2015 sebelumnya. Dia menganggap bahwa faktor penurunan angka itu ada pada banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik tahun ini.

"Jumlah bus untuk mudik tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu, namun kita tidak bisa berbuat banyak untuk mendongkrak angka bus pada saat mudik, sebab masyarakat punya cara sendiri untuk pulang ke kampung halamannya," pungkasnya.[nok/col]