Game Pokemon Mewabah di Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Pokemon Go, alikasi game terbaru produk Nintendo mulai mewabah. Seperti halnya di negara lain, pecinta game di Tuban pun merasa tertarik dan ramai-ramai men-download aplikasi tersebut di ponsel mereka.

"Saya pertama kali mengetahui adanya game Pokemon dari pemberitaan media massa," jelas Arief (31), asal Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, yang sudah mencoba Pokemon Go, Jumat (15/7/2016).

Tidak seperti game online lain yang bisa dimainkan dengan duduk manis, Pokemon Go mengharuskan pemainnya ke luar ruangan. Menyusuri jalan-jalan demi mendapatkan karakter tokoh game seperti Pikachu, Ratata, Sarmander, Doduo dan juga ratusan karakter lain, yang ternyata nama tersebut juga ada di karakter film Pokemon yang pernah menjadi idola di era awal tahun 2000-an.

"Ketika kecil film Pokemon sangat disukai anak-anak seusia saya, alasan itu yang membuat saya juga tertarik mencoba game yang berkaitan dengan film idola ketika kecil," terang Luki (26), penggila game online lain di Tuban asal Desa Margomulyo, Kecamatan Montong.

"Saya rasa itu salah satu faktor kenapa game ini diminati, selain alasan cara memainkan game yang unik. Yakni kita harus keluar ruangan dan menyusuri jalanan," lanjut bapak satu anak ini menerangkan.

Hanya saja, perlu berhati-hati memainkan Pokemon Go. Alasannya, bisa jadi kurang waspada ketika berada di jalan raya akibat keasyikan memburu monster dan karakter tokoh yang didapat melalui sinyal GPS.

"Kadang ketika asyik jalan, ponsel kita menangkap ada karakter tokoh di dekat itu, saking semangatnya ada yang mendadak berhenti berjalan dan tentu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain," kata Abdul Rohman (28), pemain Pokemon Go asal Kelurahan Sidorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. [pur/rom]