Puasa Terakhir, Ikan Segar Diburu Warga

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Lokasi penjualan di Pasar Ikan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tampak lebih padat dibanding hari-hari biasa. Warga memburu ikan segar yang dijual pedagang di pasar tersebut, Selasa (5/7/2016)

Pantauan blokTuban.com, pembeli ikan segar justru mayoritas bukan warga dari desa setempat. Tetapi dari desa-desa dan bahkan kecamatan lain.

"Hari terakhir puasa pingin buka dengan ikan segar, dibanding harus beli daging dengan harga mahal," kata Bambang (56), asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Selain buat santapan buka puasa, banyak juga warga yang memburu ikan untuk dibakar malam nanti. Sekedar membuat takbir di lingkungan mereka bisa lebih semarak.

"Nanti sudah janjian sama warga buat takbir di Musholla sambil bakar ikan," kata Jito (35), asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang.

Khusus di Kecamatan Palang, antusiasme pembeli tampaknya tidak dibarengi dengan ketersediaan stok ikan. Sebabnya, banyak nelayan yang hari ini tidak laut karena ombak besar, dan ada yang sengaja libur menjelang hari raya. [pur/ito]