Jasa Tukar Uang Pecahan Mulai Menjamur di Jatirogo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pada pertengahan Ramadan ini, di kecamatan-kecamatan Kabupaten Tuban mulai bermunculan usaha jasa penukaran uang baru pecahan kecil. Pemandangan ini dapat dilihat di jalan raya Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Jumat (24/6/2016).

Mereka mayoritas menggunakan kendaraan roda dua yang diparkir di tepi jalan, dan memasang meja kecil yang dihadapkan ke tengah jalan sehingga mudah dilihat pengguna jalan.

Di sepanjang sisi jalan mereka berdiri berjajar sembari menawarkan bendelan uang baru dengan pecahan bervariasi. Mulai dari Rp1000, Rp2000, Rp5000, Rp10.000 dan terbesar Rp20.000 kepada pengguna jalan yang melintas.

"Kami di sini sudah dua kali, Jumat pekan lalu dan hari ini. Yah, lumayan sehari ini sudah dapat penukar uang baru sejumlah Rp3 juta," ujar Tepos (32), salah satu penyedia jasa kepada blokTuban.com.

Warga asal Lamongan ini, menambahkan, di hari-hari biasa ia mangkal di depan Bravo Tuban, bersama beberapa rekannya. Ketika masyarakat mulai mengetahui jasa tersebut, mereka berdatangan untuk menukar uangnya.

Puji (35) pengguna jalan misalnya, dia sengaja berhenti untuk menukar uang guna persiapan Lebaran tahun ini.

"Buat persiapan Lebaran saja. Saya tukar Rp200.000 menjadi pecahan Rp2.000 yang baru," ujar pria asal Desa Sugihan ini.[rof/col]