Sopir Angkutan Umum Montong-Tuban Keluhkan Sepinya Penumpang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, penumpang kendaraan angkutan umum Montong-Tuban belum
menunjukkan peningkatan penumpang. Hal itu menyebabkan beberapa sopir yang berada di sekitar terminal montong, Kabupaten Tuban mengeluh.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu sopir Kholil (48). Menurutnya, sepinya penumpang angkutan umum ini dikarenakan banyak
para warga yang melakukan bepergian menggunakan kendaraan sendiri, selain itu libur sekolah juga mempengaruhi sepinya penumpang.

"Biasanya setiap pagi, anak sekolah sudah menunggu angkutan umum namun saat ini sampai siang belum ngangkat penumpang," ungkap Kholil kepada blokTuban.com.

Penumpang sepi sudah sejak lama, namun untuk hari-hari biasa, penghasilan masih lumayan. Namun bulan puasa ini penghasilan mengalami penurunan yang signifikan ditambah lagi dengan liburnya sekolah yang juga menjadi pengaruh sepinya penumpang.

Sopir lain Sirin (40) mengaku sepinya penumpang menyebabkan penghasilannya menurun, dan penghasilan setiap harinya hanya cukup
untuk membeli solar, buat setoran sehingga hanya tersisa sedikit.

"Penghasilan menurun drastis mas, sekarang apabila tidak menyambi ternak atau pertanian tidak mencukupi kebutuhan," kata Sirin.

Diketahui di Kecamatan Montong masih ada beberapa angkutan umum dan kemungkinan ramai-ramainya penumpang akan terjadi pada H-7 lebaran, karena mulai padat-padatnya pemudik.[hud/ito]