07:00 . Punya Penyakit Penyerta, Apakah Harus Tetap Vaksinasi Covid-19?   |   17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |   11:00 . Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos   |   10:00 . Dukung Penunjukan Calon Kapolri, FKUB Tuban: Ini Wujud Kebhinekaan di Indonesia   |   09:00 . Diduga Peras Kades Oknum LSM Disikat Polisi   |   08:00 . Nenek di Tuban Tak Dapat Cairkan BPNT Karena Diputus Kemensos   |   07:00 . Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil   |   17:00 . Pemkab Tuban Minta Supermarket dan Restoran Tutup Jam 9 Malam   |   16:00 . Pemkab Tuban Bentuk Tim Pemakaman Covid-19 Tingkat Kecamatan   |   15:00 . Banjir Sepekan di Plumpang, Ratusan Hektare Padi dan Jalan Terendam   |   14:00 . Pagawai Positif Covid-19, Samsat Payment Poin Kerek Lockdown   |   13:00 . Jika Perahu Seberangan Sepi, Pemilik Berinisiatif Buat Tempat Ngopi   |  
Sat, 16 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jejak Spiritualitas di Bumi Wali

Komitmen Sebarkan Agama Islam di Tuban (2)

bloktuban.com | Friday, 10 June 2016 17:00

Komitmen Sebarkan Agama Islam di Tuban (2)

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pangeran Purboyo yang merupakan keturunan Sultan Pajang I Hadiwijoyo atau memiliki sebutan lain Jaka Tingkir masih saudara sekandung dengan Pangeran Kusumoyudho atau akrab disebut Kyai Abdul Jabar.

Sama-sama lahir dari rahim Ratu Mas Cempoko, dua saudara yang memiliki sembilan saudara lainnya tersebut memiliki komitmen sama. Dua pangeran yang mendapat sebutan Waliyullah tersebut sama-sama menyebarkan ilmu islam untuk masyarakat sekitar.

[Baca juga: Pangeran Purboyo Miliki Garis Keturunan Jaka Tingkir? (1) ]

Diketahui, Pangeran Purboyo meruapakn pangeran ke tiga dari sebelas bersaudara berasal dari Kerajaan Pajang. Ia memilih mengabdi dengan menyebarkan agama islam di salah satu wilayah Tuban, tepatnya di Desa/ Kecamatan Rengel hingga wafat dan dimakamkan di desa setempat.

Wilayah Tuban dulunya diketahui di bawah pengaruh Kerajaan Pajang. Dengan kelihaian Raja Hadiwijoyo yang tak lain ayahanda Pangeran Purboyo berdiplomasi tanpa perseteruan. Raja berhasil menjalin rasa kekeluargaan dengan Adipati Tuban waktu itu. Adipati diambil sebagai menantunya.

Masyarakat setempat mempercayai Pangeran Purboyo melarikan diri dari Kerajaan Pajang sebelumnya dan tiba di Desa Rengel pada penjajahan Belanda. Sebab ia menolak bersekutu dengan penjajah.

Juru Kunci makam, Suli Al Bustom mengatakan kala kependudukan Belanda atas Republik Indonesia dan perbudakkan terjadi di mana-mana, sang pangeran pula getol menularkan ilmu agama dan berdiri di belakangan barisan rakyart pribumi.

"Dengan sepenuh hati Pangeran Purboyo membela rakyat jelata. Ia bergrilya bersama masyarakat dan memerangi penjajahan Belanda," kata Suli begitu ia kerap disapa kepada blokTuban.com.

Jasa atas kebaikan hati pangeran asal Pajang tersebut, meski secara sederhana, masyarakat memberikan perhatian pada makam yang diyakini bersemayamnya jasad Pangeran Purboyo. Tepatnya satu komplek dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU), makam Pangeran Purboyo nampak kokoh dengan cungkup berukuran dua meter.

Jasa Pangeran Purboyo membela rajyat jelata hingga saat ini masih mendapat tempat di hati masyarakat. Kendati demikian, hingga saat ini makam yang berada pada bantaran sungai Goa Ngerong tersebut belum begitu dijamah orang.

"Pengembangan wisata religi di tingkat lokal perlu digeliatkan kembali. Salah satunya wisata berbasis religi makam Pangeran Purboyo untuk mengenang perjalan beliau menyebarkan islam di Bumi Wali," kata Pelaksana Tugas Kepakla Desa Rengel, Rudi Hermawan kepada blokTuban.com.

Rudi mengharapkan perhatian pemerintah Kabupaten Tuban dalam pengembangan wisata religi Makam Purboyo. Lantaran selama ini wisata Rengel yang dikenal masyarakat hanya sebatas Goa Ngerong.[dwi/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Jejak, Spiritual, Bumi, Wali, Puboyo, Rengel



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more