Tiga Bulan Sekali, Puskesmas Pantau Air Bersih Kerek

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kebutuhan air bersih di beberapa desa yang ada di Kabupaten Tuban, mendapat pantauan ketat petugas dari Puskesmas Kerek. Setiap tiga bulan sekali, mereka mengambil sampel atau contoh air dari semua desa, yang ada di kecamatan setempat.

Salah satu petugas pemantau air bersih, Ike Mairina menjelaskan, pengambilan contoh air secara rutin di semua desa sangat diperlukan. Untuk mengetahui kelayakan air minum sebelum dikonsumsi warga.

"Sampel air ini kita bawa untuk diuji labolatorium di Dinas Kesehatan," kata Ike Mairina, petugas dari Puskesmas Tuban, yang mendapat tugas pemantauan sampel air.

Perempuan berjilbab dengan kacamata itu menerangkan, hasil lab dilakukan untuk mengetahui adanya kandungan bakter Escherichia coli (E COLI) di dalam air dengan jumlah berlebih. "Kalau kami mendeteksi itu akan langsung dilakukan disinfeksi atau pemberian kaporit," jelas Ike.

Beberapa desa yang sumber airnya diperiksa Puskesmas Kerek, diantaranya adalah Desa Karanglo, Desa Margorejo, Desa Jarorejo, Desa Temayang, Desa Sumberarum, Desa Padasan, Desa Karanglo, Desa Tengger Wetan, Desa Sidonganti, dan Desa Hargoretno. Sementara untuk desa lain di kecamatan sama, kandungan air bersih dipantau oleh Puskesmas Gaji. [pur/rom]