Musim Hujan, Sampah di Rengel tidak Terkelola

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Limbah sampah yang berasal dari aktivitas warga di Desa/Kecamatan Rengel menumpuk di tempat pembuangan sampah, yang berada di Dusun Jaten Cilik. Celakanya, saat musim hujan sampah tersebut sulit untuk dibakar atau dikelola.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, lokasi pembuangan sampah yang masih dalam hak milik perhutani, pada beberapa titik nampak sampah plastik sukar terurai memenuhi lahan yang dimanfaatkan unuk ditanami jagung.

"Sebelumnya limbah sampah dari warga Rengel dibuang pada lahan perhutani di atas lokasi goa ngerong. Sekarang dipindah di sekitar Dusun Jaten Cilik, berdekatan dengan lahan yang dimanfaatkan warga menanam jagung," ungkap warga sekitar, Markani, Sabtu (19/3/2016).

Nampak dari pembuangan sampah, beberapa warga sekitar memanfaatkan sisa sampah, seperti mengambil kayu bekas keranjang untuk dimanfaatkan sebagai kayu bakar.

Sementara itu, Pejabat (Plt) Kepala Desa setempat, Rudi Hermawan mengatakan, pengolahan limbah sampah memang belum maksimal. Lantaran pembuangan sampah yang seharusnya disediakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sendiri.

"Semestinya masyarakat membuang sampah di TPA yang disedikan. Tepatnya di Punggulrejo," kata Wawan sapaan akrabnya.[dwi/rom]