Empat Warna Miliki Makna dalam Seni

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Setiap seni memiliki simbol atau tanda sendiri. Tidak terkecuali dalam berseni tari, yakni terdapat warna yang diyakini sebagai simbol dan memiliki makna sendiri.

Pada seni tari, menurut Kepala Seksi (Kasi) Kebudayaan dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Sumardi, terdapat empat warna sakral. Dimana warna dapat menyampaikan pesan dibalik tarian yang dibawakan.

"Empat warna tersebut yaitu putih, hitam, merah dan kuning. Seperti warna putih mengandung arti suci dan hitam lebih pada sifat tidak pasti atau tidak tetap," kata Sumardi.

Sementara warna merah, berarti amarah dan kuning merupakan tanda cinta. Dalam Warna, lanjut Sumardi, seolah menyimpan makna tersirat dari sifat manusia yqng diwakili dari empat waran tersebut. Warna dalam seni tari biasanya dituangkan dalam busana yang dikenakan. Pada bagian dada kerap ada empat warna ini sekaligus.

"Untuk melestarikan seni tari daerah sendiri pun dilakukan beberapa event. Seperti pemilihan penari daerah agar tarian tetap lestari," pungkas Sumardi.[dwi/rom]

*Foto ilustrasi