Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Masyarakat yang mayoritas sebagai petani, membuat Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban mencari-cari solusi agar petani bisa memaksimalkan lahanya untuk mencapai sebuah kesejahteraan. Kali in,i Pemdes Kedungjambe menginginkan di desa tersebut dibuatkan embung agar panen yang ke tiga kalinya bisa menuai hasil yang maksimal.

Kepala Desa (Kades) Kedungjambe, Ansori mengatakan, sejauh ini pertanian yang ada di desa masih terkendala musim, seperti halnya saat penanaman yang ke tiga tanaman tidak bisa maksimal dikarenakan air tidak bisa memenuhi lahan pertanian.

"Saat tanaman yang ke tiga kalinya panen sudah tidak maksimal, karena kekurangan air," ungkap Kades Kedungjambe kepada blokTuban.com, Minggu (6/3/2016).

Selain pentingnya pembangunan embung untuk mencukupi lahan pertanian yang ada, para petani juga bisa memulai penanaman yang awal tidak harus menunggu hujan datang.

Belum adanya embung di desa tersebut membuat para petani saat musim tanam harus menunggu hujan yang cukup, seperti halnya musim kemarau panjang kemarin. "Kalau ada embung kan bisa tanam sewaktu-waktu tanpa menunggu hujan datang," pungkasnya.

Untuk saat ini, irigasi pertanian mangandalkan sungai dan sumur bor milik orang pribadi, dan apabila musim kemarau aliran sungai sangat kecil sehingga tidak mampu mencukupi lahan pertanian.[hud/ito]