Bengawan Solo Kembali Siaga Hijau

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tinggi Muka Air (TMA) di Bengawan Solo mengalami kenaikan cukup signifikan dalam dua hari terakhir. Pagi ini papan duga yang ada di Karangnongko, Bojonegoro mengalami kenaikan dari 27.80 peilschal menjadi 28.00 peilschal. Sehingga, wilayah Tuban juga siap-siap dihantam banjir.

Selain di Karangnongko, data di papan duga ada di Bojonegoro Kota sekitar 13.77 peilschal dari tinggi awal 13.60 peilschal. Kemudian papan duga di Babat juga terdeteksi air setinggi 7.28 peilschal.

"Status sudah mulai masuk Siaga Hijau," jelas Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, Kamis (25/2/2016).

Joko meminta, agar jajaran camat yang ada di sekitar bantaran sungai bengawan solo mewaspadai kenaikan air. Terutama desa-desa yang berada di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS) berada di Kecamatan Soko, Kecamatan Rengel, Kecamatan Plumpang, dan Kecamatan Widang.

"Semoga tetap aman terkendali, meski begitu kita berharap agar tetap mewaspadai kenaikan air yang cukup signifikan ini," tandasnya. [pur/fah]

Foto: ilustrasi banjir