Atasi Bencana, Dinkes Bentuk TGC

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Bencana banjir yang belakangan ini telah menerpa beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, membuat semua kalangan harus senantiasa waspada serta harus sigap, jika sewaktu-waktu terjadi banjir yang besar dan mengancam kesehatan masyarakat. Bahkan hal tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Tuban.

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saeful Hadi mengatakan, bahwa telah dibentuk Tim Gerak Cepat atau TGC oleh Dinas Kesehatan Tuban, dengan tujuan, nantinya anggota tersebut akan siap dan sigap, jika terjadi bencana alam yang tidak diinginkan, baik banjir ataupun gempa serta bencana lainnya.

"Saat ini belum ada anggota TGC yang diterjunkan di lapangan, karena banjir tidak begitu berdampak besar pada kesehatan masyarakat," terang pria lulusan FK unair tahun 1986 tersebut.

Selanjutnya, sambung Saeful Hadi, bahwa anggota TGC adalah pegawai puskesmas di masing-masing kecamatan, yang nantinya harus siap siaga jika ada bencana yang terjadi di Kecamatan masing-masing. Tim Gerak Cepat (TGC) sendiri sudah terlatih untuk sigap, seperti layaknya tim evakuasi, karena TGC punya tugas untuk mengevakusi korban bencana serta memberikan penanganan bagi korban yang sakit.

"Semoga dengan adanya Tim Gerak Cepat (TGC) ini, bisa membantu masyarakat nantinya, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwa banjir yang terjadi di beberapa kecamatan di Tuban hanya mengakibatkan kerugian material. [nok/rom]