3,5 Miliar Diangggarkan untuk Reklamasi Pantai Boom

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah rencana perbaikan atau revitalisasi bangunan, yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, dalam upaya meningkatkan Pendapatan Alokasi Daerah (PAD) di 2016 akan direalisasikan. Selsin itu, Pemkab berencana mereklamasi pantai boom.

Sekretaris Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Endang Trimeidya, reklamasi pantai yang dimaksud ialah, menguruk sebagian laut untuk perluasan lahan wisata. Semacam ekspansi lahan wisata di area pantai boom.

"Dengan dana Rp3,5 miliar perlu diperhatikan beberapa hal. Peninjauan dari regulasi dan perizinan akan dilakukan dalam rangka perkembangan pantai boom," kata Mei sapaan akrabnya.

Nantinya, lanjut Mei, akan ada pengurukan di beberapa tempat. Sehingga, nanti boom dapat menjadi destinasi wisata yang komplet.

Melihat lokasi seperti itu, menurut Mei, memungkinkan dapat dikembangkan, dari mana kalau tidak menguruk laut. Pengurukan pun akan dilakukan secara berangsur dan bertahap.

"Kalau diambil keseluruhan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tidak bisa, harus dibagi dengan SKPD lain. Kecuali, ada pihak ketiga yang berinvestasi, mungkin Rp500 miliar bisa langsung jadi," ujar Mei menambahkan lantas tersenyum.

Bagaimanapun, dari adanya reklamasi tersebut, diharapkan memberi pengaruh positif bagi perekonomian masyarakat. Pertumbuhan ekonomi, khusunya masyarakat Tuban akan sejahtera dan lebih terdongkrak.

Salah satunya, ketika pantai boom dijadikan lokasi wisata, diharapkan memberikan multiplayer effect, yakni pengaruh positif pada seluruh bagian masyatakat. Seperti penjaja kuliner, tukang becak, pengelola ponten, parkir dan produk ataupun jasa lainnya. [dwi/rom]