Usai Diliput, Dinas PU Langsung Uruk Jalan Rusak

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Petugas Dinas Pekerjaan umum (PU) Tuban, langsung melakukan pengurukan akses jalan berlubang di kawasan Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Informasi yang diterima blokTuban.com, petugas menguruk jalan sekitar pukul 11.30 WIB siang, beberapa jam setelah beberapa jurnalis meliput kondisi jalan akses Kecamatan Palang dan Kecamatan Semanding ini.

"Barusan ada dua truk dan beberapa pekerja, langsung menguruk jalan rusak ini," terang salah satu warga, Suwito (31), Kamis (4/2/2016).

Begitu tiba di lokasi, petugas langsung menyingkirkan pohon pisang dan rangka kayu yang dibuat warga. Kemudian, menimbun lubang-lubang jalan menggunakan pedel atau batu kapur. Hanya saja, petugas di lapangan tidak mau berkomentar banyak mengenai pengurukan tersebut.

"Ada informasi jalan rusak, langsung ke sini bawa pedel untuk mengantisipasi ada pengendara jatuh," kata petugas yang enggan disebut namanya singkat ketika berada di lapangan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tuban, Choliq Chunaisih, ketika dikonfirmasi mengatakan kalau pengurukan pedel merupakan penanganan sementara. Rencananya, jalan Desa Ngimbang akan mendapatkan perbaikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Ini penanganan sementara, dalam waktu dekat akan dilakukann perbaikan," terang Choliq.

Diketahui, warga Desa Ngimbang menyindir rusaknya jalan yang tak kunjung mendapat penanganan. Mereka menanam pisang di tengah jalan, serta memasang rangka kayu bertuliskan "Akan Dibangun Kolam Lele". Selain sebagai sindiran, tindakan mereka dilakukan untuk memberi tanda kepada pengendara jalan untuk berhati-hati apabila melintas di tempat ini. Sebab, kerusakan jalan sudah banyak membuat pengendara mengalami kecelakaan lalu lintas.

Jalan penghubung antara Kecamatan Palang (Dusun Rembes, Desa Gesikharjo) dengan Kecamatan Semanding (Dusun Pakah Desa Gesing) merupakan akses tercepat bagi warga Kecamatan Palang untuk menuju ke jurusan Kabupaten Bojonegoro ataupun jurusan Kabupaten Lamongan. [pur/col]