Naker yang Bekerja di Koperasi Capai 361 Karyawan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Usaha koperasi cukup menyerap sumber daya manusia di Tuban. Terbukti, sebanyak 361 karyawan di Bumi Wali bekerja di koperasi yang tersebar di seluruh wilayah setempat.

Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban melalui Kepala Bidang (Kabid) Koperasi, Rohmad mengatakan, tenaga kerja koperasi pada triwulan keempat atau pada Desember 2015 mencapai 361 karyawan. Koperasi yang tersebar hampir di sebagian besar Kabupaten Tuban pada intinya merupakan wadah untuk mencapai tujuan bersama.

"Koperasi yang baik yaitu koperasi yang dapat mengembangkan modal awal menjadi berkali lipat dengan keaktifan para anggota," kata Rohmad.

Pada beberapa koperasi, lanjut Rohmad memiliki karyawan yang merangkap beberapa tugas bersamaan. Maka tidak khayal, dalam satu koperasi terkadang cukup berisikan dua karyawan. Koperasi pada hakikatnya merupakan perserikatan dimana untuk memenuhi kebutuhan anggota setiap harinya dengan harga kebutuhan yang relatif murah.

Data yang dihimpun blokTuban.com menunjukkan, jumlah karyawan terbanyak ada pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI). Tercatat selama 2015, KPRI memiliki karyawan sejumlah 151 orang. Keseluruhan karyawan tersebut terdaftar di 58 unit koperasi Se-Kabupaten Tuban.

"Pada koperasi terdapat karyawan yang menempati beberapa bagian. Bagian-bagian karyawan dibagi menjadi sebelas posisi. Di antaranya kepala unit, staf bidang keuangan, simpan pinjam, bagian umum dan lainnya," pungkasnya. [dwi/col]