Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jumlah siswa Madrasah di Kabupaten Tuban pada tahun 2015 lalu mengalami peningkatan. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi instansi atau lembaga sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) itu.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Muhammad Muhlisin Mufa mengatakan, bahwa tahun pelajaran ini jumlah siswa yang menimba ilmu di Madrasah meningkat. Mungkin ada faktor-faktor yang membuat masyarakat memilih menyekolahkan anaknya di madrasah.

"Peningkatan jumlah siswa terjadi di semua pendidikan di Madrasah, baik Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA)," terang Muhlisin.

Muhlisin menambahkan, bahwa Jumlah siswa MI mengalami peningkatan siswa sebanyak 1,13 persen, MTs mengalami peningkatan sebanyak 1,2 persen, dan MA mengalami peningkatan sebanyak 7,5 persen.

"Peningkatan jumlah siswa juga ada beberapa faktor yang melatar belakangi, di antaranya dengan adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan bagi semua siswa dan juga sistem pengajaran di Madrasah. Jadi semua orang tua sudah tidak perlu berfikir biaya sekolah lagi," pungkasnya. [nok/col]