Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Puncak musim hujan di tahun 2016 ini, diprediksi akan berlangsung pada akhir Januari mendatang. Kondisi yang tidak biasa. Sebab puncak musim hujan di tahun-tahun lalu berkisar antara bulan Desember sampai bulan Januari.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono, menjelaskan kalau hujan saat ini masih bersifat sporadik. Maksudnya hujan yang terjadi di suatu wilayah, belum tentu terjadi di wilayah lain.

"Saat ini, hujan terjadi karena suhu panas di atas permukaan laut dan menyebabkan penguapan. Sehingga hujan tidak bisa turun merata," jelas Joko Ludiyono.

Joko menjelaskan, hal ini sesuai dengan prediksi dari Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai kondisi cuaca terbaru. Puncak musim hujan diperkirakan terjadi di akhir Januari sampai pertengahan Februari mendatang.

"Ini informasi yang bisa kami sampaikan, kenapa sekarang hujan di Tuban tidak merata seperti yang dikeluhkan para petani," terang Joko.

Sebelumnya, sejumlah petani di Kabupaten Tuban mengeluhkan tanaman layu karena kurang air. Utamanya di lahan-lahan kering yang pengairannya mengandalkan air hujan. [pur/rom]