Menjelang Panen, Petani Sendanghaji jaga Sawah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang masa panen, petani padi yang berada di Desa Sendanghaji, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban saat ini mempunyai aktifitas yang berbeda dengan hari-hari yang lalu. Pemandangan yang berada di pinggiran jalan desa tersebut adalah petani yang sedang menjaga sawahnya dari serangan burung, Sabtu (9/1/2015)

Nampak banyak petani yang menjaga dari pinggiran jalan sambil membawa jeriken dan kaleng,dan beberapa atribut yang dapat di goyah-goyah dari jalan.

Salah satu petani, Suwono (40) mengatakan, pada musim padi saat ini lumayan banyak burung yang menyerbu sawah warga. Biasanya, burung itu datang dari pagi hari hingga sore. Apabila tidak dijaga dengan rutin akan mengurangi hasil panen.

"Hampir dua minggu saya menunggu padi agar padi tidak dihabiskan oleh burung," jelas Suwono kepada blokTuban.com.

petani yang lain Yatmi (46) mengaku, setiap berangkat ke sawah dia selalu membawa atribut-atribut, seperti membuat orang-orangan sawah (Weden Sawah) untuk di pakai mengusir burung-burung liar tersebut.

"Atribut-atribut ini saya goyah-goyah dari jalan," kata Yatmi.

Untuk menunggu burung-burung ini tidak hanya dengan atribut-atribut tersebut, namun juga terkadang para petani ini memukul kaleng dan berteriak.[hud/ito]