Cuaca Ekstrem, Ini Kondisi Laut Utara

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Cuaca ekstrem saat ini sedang melanda laut utara Tuban. Sebagian besar nelayan di bumi wali memilih menambatkan perahu dan menghentikan aktivitas melaut.

"Kami minta kepada nelayan yang ada di Tuban untuk berhati-hati, karena angin kencang dan gelombang tinggi," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyino, kepada blokTuban.com, Sabtu (19/12/2015).

Joko menjelaskan, berdasar data resmi dari Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), saat ini angin umumnya dari arah timur laut sampai ke tenggara, dengan kecepatan antara 3 sampai 10 knot. Sementara arah dan kecepatan angin rata-rata dari timur laut adalah 7 knot.

Selain itu, tinggi gelombang berkisar antar 0,3 sampai 1,0 meter. Serta untuk suhu udara rata-rata 29,0 derajat celcius. Dengan suhu maksimum 31,5 derajat celcius dan suhu minimum 26,5 derajat celcius.

"Sementara untuk kelembaban udara (RH) rata-rata adalah 83 persen, dengan RH maksimum 90 persen dan RH minimum 72 persen. [pur/rom]