Panitia TPS Perempuan Sebagai Edukasi Berorganisasi

Kontributor : Dita Afuzal Ulya

blokTuban.com - Ada pemandangan yang berbeda di TPS 03 Dusun Krajan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Rabu(9/12/2015). Pasalnya seluruh panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara(KPPS) di TPS tersebut seluruhnya adalah perempuan.

Ketua KPPS TPS 03 Dusun Krajan, Yeni mengatakan, pembentukan panitia yang semua perempuan ini sebenarnya hanya kebetulan saja. Namun dia sangat bersyukur, sebab pemilihan calon pemimpin Tuban ini bisa menjadi ajang pembelajaran dalam berorganisasi dan membuktikan jika perempuan juga bisa mengahandle jalannya Pilkada.

"Ini adalah pembelajaran buat kami. Yang pasti ini membuktikan bahwa perempuan tidak hanya bergantung pada laki-laki terus," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Dijelaskan, di TPS yang dipimpinnya itu tercatat ada sekitar 482 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Meskipun begitu dia belum bisa memprediksi pasangan Cabup dan Cawabup mana yang akan unggul di TPS 03 nanti.

"Kita lihat saja nanti, setelah ditutup akan langsung dihitung suaranya," imbuhnya.

Seperti yang diketahui, pihak KPUK Kabupaten Tuban menyiapkan sebanyak 1.863 TPS yang tersebar di 328 Desa di 20 Kecamatan se Kabupaten Tuban, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 961.094.[ita/ito]