Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tingkat hunian atau okupansi dibeberapa hotel di Tuban  dipengaruhi oleh lokasi hotel itu sendiri. Lokasi hotel yang strategis memiliki keunggulan dari yang lain. Seperti, lokasi yang berdekatan dengan jalan raya memiliki kesempatan lebih dalam pencapaian tingkat okupansi.

Keterangan dari bagian manajemen Hotel Wilis Hill, Lanang Agus mengaku lokasi hotel yang relatif jauh dari jalan raya dinilai kurang maksimal dalam peningkatan okupansi hotel.  Menurutnya, hotel seperti itu bisa digunakan untuk transit.

"Tingkat okupansi di sini, dalam beberapa bulan rata-rata mencapai 60 sampai 70 persen," ungkap Lana.

Pernyataan senada diungkapkan oleh bagian humas Hotel Mahkota, Teguh Santoso  perihal lokasi hotel berpengaruh pada capaian okupansi hotel. Meski hotel kelas melati, ia optimis untuk mencapai tingkat okupansi semaksimal mungkin.

"Untuk bulan-bulan ini tingkat okupansi mencapai 60 persen. Sebagian besar dibantu oleh adanya kegiatan kelompok baik oleh instansi pemerintah dan lainnya," kata Teguh.

Untuk meningkatkan okupansi, lanjut Teguh, pihaknya tak henti-hentinya melakukan promosi melalui pamflet dan brosur. "Selain itu, kami juga memberikan penawaran paket penginapan," pungkasnya. [dwi/ito]