199 APK Rusak dan Perlu Diganti

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban, tinggal selangkah lagi. Tak lebih kurang dari 4 minggu masyarakat Tuban akan menggunakan hak demokrasinya untuk menentukan orang nomor satu dan dua di Bumi Wali tersebut.

Namun Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tuban masih banyak dijumpai yang rusak dan belum diganti atau diperbaiki. Jumlah laporan yang masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban cukup banyak, dan data terakhir menyebut ada sekitar 199 APK yang rusak.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi, menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyampaikan rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, atas Alat Peraga Kampanye (APK) Paslon banyak yang rusak. Baik dari Paslon Incumbent maupun yang Independent.

Namun pihaknya sampai sekarang belum melihat pergantian tersebut secara menyeluruh. Bahkan pihaknya sangat menyayangkan lambannya kinerja KPU Kabupaten Tuban yang dinahkodai oleh Kasmuri.

"Sangat lamban," jawabnya saat dikonfirmasi reporter blokTuban.com.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kasmuri, mengaku pihaknya masih mengidentifikasi dan memverifikasi laporan yang masuk. Saat ini ada sekitar 199 APK yang rusak, dan akan segera diganti oleh KPU.

"Insyaallah seminggu ini akan diganti secara menyeluruh," jawabnya kepada reporter blokTuban.com. [hid/mu]