Konsumsi 5 Buah Ini untuk Tekan Kolesterol saat Idul Adha

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pada momen Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban, otomatis konsumsi daging turut meningkat yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Konsumsi daging, terutama daging merah dan jeroan, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. 

Selain itu daging merah dan jeroan tinggi akan purin, yang di dalam tubuh dipecah menjadi asam urat. Konsumsi purin yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang berisiko menyebabkan gout atau asam urat.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kolesterol tinggi bisa menyebabkan beberapa penyakit serius, seperti serangan jantung, stroke. 

Terdapat buah-buahan yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan asam urat usai banyak makan daging saat Idul Adha.

1. Buah apel juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol karena mengandung zat beta-glucan. Apel juga bisa melindungi tubuh dari serangan jantung stroke karena mencegah pengerasan arteri. 

Selain dikonsumsi utuh, apel juga bisa dikonsumsi dalam bentuk cuka karena bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

2. Tomat yang biasa disajikan bersama sate kambing, ternya bukan hanya pelengkap semata. Buah ini juga punya manfaat menurunkan kolesterol. Itu karena tomat punya senyawa likopen pemberi warna merah. 

Senyawa ini adalah antioksidan penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin B dan kalium, sehingga mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

3. Alpukat memang buah yang kaya lemak. Namun, lemak yang terkandung adalah lemak baik dan menyehatkan. Sebanyak 63 persen lemak dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bermanfaat sebagai antioksidan guna menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri sebagai akibat penumpukan kolesterol jahat.

4.Semangka, buah segar, manis, dan penuh air ini ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga pas dikonsumsi usai makan daging. Lantaran semangka juga punya senyawa likopen, sama seperti tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

5. Jeruk nipis. Setelah makan sate kambing atau olahan daging lainnya, minum perasan jeruk nipis adalah keputusan tepat. Tak hanya segar, jeruk nipis juga bermanfaat menurunkan kolesterol. Manfaat itu didapat dari kandungan senyawa flavanoid yang berkhasiat menurunkan tingkat produksi kolesterol jahat. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS