Tum Jendil Jadi Kuliner Khas Bengawan Solo Asli Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Makanan khas Kabupaten Tuban seringkali menjadi daya tarik masyarakat, untuk berkunjung ke kota legen ini. Pasalnya, ada beragam jenis olahan ikan laut yang dapat dicicipi di sini. Bahkan bukan hanya ikan laut saja, di Kabupaten Tuban juga terdapat kuliner khas Bengawan Solo.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya, sungai Bengawan Solo sendiri merupakan sungai yang mengalir dari pegunungan Sewu Surakarta menuju ke laut Jawa Surabaya, sehingga melewati wilayah di Kabupaten Tuban

Di sungai Bengawan Solo ini, juga dikenal memiliki banyak ikan dengan rasa yang sedap, salah satunya ialah ikan jendil. Namun, meski rasa dari ikan ini terbilang sangat gurih, namun masih jarang masyarakat yang mengetahui keberadaan ikan tersebut. 

baca juga:

 

Sego Telo Plus Mangut Pe, Kuliner Tuban yang Patut Dicoba

Atas dasar itulah, panitia penyelenggara Festival Bengawan Tahun 2023 menghadirkan kuliner Bengawan solo, guna mengenalkan makanan khas Bengawan Solo kepada masyarakat. 

"Ingin memperkenalkan kuliner khas Bengawan, khususnya olahan-olahan ikan yang berasal dari Bengawan," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Rengel, Arie Eko Wardhono kepada blokTuban.com, Sabtu (25/11/20223). 

Dalam hal ini, terdapat puluhan peserta yang terdiri dari 16 kelompok dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Rengel. Dimana, masing-masing peserta, harus membuat olahan makanan yang berasal dari ikan Bengawan, yaitu tum jendil. 

baca juga:

Resep Ulas-ulas Ikan Asap Khas Tuban, Menu Populer di Masyarakat Pesisir

Dimana, ikan Jendil bentuknya hampir mirip seperti ikan patin. Hanya saja, tum jendil ini jenis ikan yang hidup di Bengawan Solo.  

"Disini pesertanya ada dari 16 desa yang ada di Kecamatan Rengel, semuanya menggunakan hasil dari olahan ikan Bengawan," katanya. 

Sementara salah seorang peserta, Siti Muklisatin mengungkapkan dalam perlombaan kali ini, pihaknya membuat tiga masakan yang berasal dari ikan Jendil. Diantaranya ialah nugget, acar, dan juga mangut. 

Untuk memasak ikan mangut jendil, lanjutnya, harus dibakar terlebih dahulu baru kemudian diberikan bumbu-bumbu khasnya.

Selain memiliki rasa yang enak, ikan Jendil juga memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak anak, sehingga ikan ini  juga dapat membantu mengurangi angka Stunting di Kabupaten Tuban. 

"Alhamdulillah hari ini mendapatkan juara satu, tadi kebetulan kami membuat tiga masakan yaitu mangut, acar, sama nugget yang semuanya berasal dari ikan jendil," tutup peserta asal Desa Bulurejo tersebut. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS