4 Tips Mencegah Rangka Motor Agar Tidak Karatan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sepeda motor kini menjadi kendaraan penting untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Tak jarang, setiap rumah memiliki lebih dari satu unit motor. 

Padatnya aktifitas dan seiring bergantinya musim, rangka motor akan mudah berkarat. Tentunya, jika tidak segera ditangani akan mengurangi kenyamanan penggunannya dan fatalnya akan menjadikan motor terlihat kumuh. 

Ada beberapa tips mudah untuk merawat rangka motor agar tetap terlihat bersih dan awet. Melansir akun IG @astra motor tuban, langkah pertama yang harus dilakukan untuk merawat rangka yaitu membongkar bodi motor. 

Cara ini dinilai efektif untuk mengurangi karatan pada rangka motor. Kedua, mencuci motor secara rutin.

Membersihkan motor juga dapat menbantu mencegah rangka sepeda cepat berkarat. Adanya debu dan kotoran yang menempel, akan menurunkan daya rekat, durabilitas dan warna motor. 

Ketiga, rutin mengecek sendi rangka. Sendi rangka harus rutin dibersihkan karena memiliki fungsi yang vital. Pengecakan dapat dilakukan di bagian pencekram fork, atau sisi depan rangka kendaraan. 

Keempat, gunakan cairan penghilang karat. Walaupun rangka motor sudah dibersihkan terkadang karat masih berpotensi muncul. 

Oleh sebab itu, dengan mengoleskan caoran penghilang karat pada rangka motor dapat mengurangi timbulnya karat. (*)

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS