Jatim Media Summit 2023, Gubernur Khofifah: Bisnis Media Berkaitan Akses Internet dan Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Reporter: Edy Purnomo 

blokTuban.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, secara resmi membuka penghelatan Jatim Media Summit (JMS) 2023 yang diinisiasi Beritajatim.com bersama Suara.com dengan dukungan International Media Support (IMS), pada Rabu 24/5/2023.

JMS 2023 yang mengusung tema "Kolaborasi Media Lokal Jawa Timur Menembus Batas untuk Naik Kelas" ini mempertemukan berbagai pihak, baik platform global, agensi periklanan nasional, agensi periklanan programatik, praktisi teknologi informasi, para CEO pelaku industri media lokal, media segmen khusus dan media nasional, lembaga donor, pakar marketing, perguruan tinggi, BUMN, lembaga pemerintah dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah selaku keynote speaker menyampaikan tentang transformasi digital dan perkembangan media. "Akses internet yang tinggi dan tingkat kepercayaan masyarakat adalah modal utama media digital merebut pasar bisnis media," ungkapnya.

Sumber dari Reuters dan Dewan Pers, media online paling banyak diakses berpusat di Jakarta. Media traffict tertinggi di Jakarta mencapai 170 juta pengkases, sedangkan di Jatim hanya 5 juta.

"Ketimpangan ini disebabkan minimnya pengetahuan teknologi, dan jaringan media digital," ulasnya.

Di tengah disrupsi informasi, media harus adaptif, konvergen, dan menggunakan multiplatform. Modernisasi media cetak dan media penyiaran menjadi platform digital yang diminati masyarakat.

"Tidak hanya media massa yang harus beradaptasi dengan digitalisasi, kami di sistem pemerintahan juga. Alhamdulillah dengan pemanfaatan digitalisasi, Pemprov Jatim mendapatkan penghargaan Penerapan Layanan SPBE Pemerintah Provinsi dari MenPAN RB pada 20 Maret 2023 lalu," kata Gubernur Khofifah.

Terkait JMS 2023, CEO Beritajatim.com Dwi Eko Lokononto menyampaikan kegiatan ini diikuti 130 media lokal di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, bahkan Papua, Makassar, Sulawesi Selatan dan juga Jawa Tengah.

"Harapan utamanya adalah akan banyaknya manfaat, tidak saja pengetahuan namun juga manfaat langsung yang bisa diperoleh peserta media-media lokal dari kegiatan ini," ungkapnya.

Pemred Suara.com Suwarjono menyebutkan, dalam kegiatan yang berlangsung 2 hari pada hari pertama ada konferensi terkait peluang dan tantangan Bisnis Media di Jatim kini dan masa depan, terkait manajemen, bisnis, konten, dan teknologi.

"Pada hari ke-2 kegiatan kegiatan workshop, talkshow, coaching clinic, dan conference, dengan materi optimalisasi medsos dan distribusi konten medsos, teknologi media, menggali digital reveneue, produksi video untuk medsos, bisnis model canvas media lokal, dan membangun ekosistem media digital di Jatim," ujar Suwarjono memaparkan.[Edy/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS