Nitip Doa pada Orang yang Menunaikan Haji di Tanah Suci

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com – Hampir sebagian besar umat Muslim percaya bahwa tanah suci Makkah adalah tempat yang mustajab untuk melangitkan doa.

Bagi orang yang belum memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji tetap dapat menitipkan doa kepada teman, keluarga, atau kerabat yang menjalani ibadah tersebut.

Ada banyak permohonan yang bisa dititipkan sebagai doa pada orang yang pergi ke Tanah Suci. Doa itu bisa berkaitan dengan rezeki, rintangan hidup, hingga jodoh.

Mengutip buku Antar Aku ke Tanah Suci tulisan Miftah Faridl dan Budi Handrianto, Tanah Suci merupakan salah satu tempat di mana doa seseorang akan dikabulkan Allah SWT.

Lebih tepatnya tempat yang dipercaya paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah adalah multazam, yaitu dinding Kakbah yang terletak di antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah.

Barang siapa yang berdoa di sana akan dikabulkan permohonannya oleh Allah SWT. Karena itu, banyak umat Muslim yang menitipkan doa kepada kerabatnya saat berangkat haji atau umrah agar dibacakan di depan Multazam.

Sementara itu, Hj. Siti Noordayat dalam buku Checklist Persiapan Berhaji untuk Perempuan bahkan menyarankan jemaah haji/ umrah membuat catatan doa, baik doa pribadi maupun doa titipan.

Catatan tersebut dapat dijilid menjadi satu sehingga mudah dibawa dan dibaca di depan multazam. Sebaiknya, sertakan pula nama lengkap penitip doa agar doanya bisa dipanjatkan secara lebih spesifik.(*)

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS