Cerita Dibalik Berdirinya Wisata Pelang Tuban, Kerja Cerdas Pemuda Setempat Manfaatkan SDA

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Bagi masyarakat Tuban mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah wisata bernama Wisata Pelang, wisata ini menyuguhkan ratusan ikan mas di dalam sungai yang memiliki air begitu jernih, serta rindangnya pohon sagu yang ada di sekitar wisata menjadi daya tarik tersendiri.

Wisata pelang sendiri berada di Dusun Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, dibalik keindahannya ternyata terdapat sebuah cerita unik dibalik berdirinya sebuah wisata yang sudah terkenal hingga luar provinsi.

Wisata ini dinisasi oleh Agus salah satu warga Dusun Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, saat itu tahun 2018 ia yang habis merantau terpikir untuk memanfaatkan sungai yang ada di desanya lagi. Namun saat itu ia masih mencari cara, bagaimana cara yang pas, untuk menghidupkan lagi sungai yang ada di desanya tersebut.

“Saat itu saya terpikir bagaimana cara menghidupkan sungai ini lagi, karena saya yakin apapun yang dulu bisa menghidupi saat ini juga akan bisa menghidupi lagi,” ujar Agus, kepada blokTuban.com.

Dan pada bulan Juli Tahun 2018, ia bersama 14 orang temannya membulatkan tekad untuk membuat sebuah wisata air, dengan memanfaatkan sungai di Dusun Pelang.

Dalam proses pengerjaannya 14 orang tersebut kemudian melakukan kerja bakti setiap malam hari untuk membangun wisata tersebut, mulai dari pukul 19.00 Wib hingga 00.00 Wib.

“Dulu setiap malam kita kerja bakti mulai pukul 19.00 hingga 00.00 Wib,” imbuhnya.

Kemudian saat itu untuk memperkenalkan wisata tersebut ke masyarakat, ia mengadakan sebuah perlombaan panjat pinang di atas sungai, dan tak disangka hal tersebut menjadikan Wisata Pelang di datangi banyak wisatawan.

Usia mengadakan event tersebut, pembangunan juga masih terus dikerjakan untuk meningkatkan kunjungan.

Dan akhirnya pada September 2019 wisata pelang, diresmikan oleh Bupati Tuban Fathul Huda saat itu.

“Tujuan dari pembangunan wisata ini niat ikhlas membangun ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Disinggung apakah sudah puas dengan pembangunan saat ini, Agus mengatakan bahwa saat ini tahap pembangunan dari wisata pelang masih 30 persen, dan wisata pelang masih akan terus dikembangkan lagi.

Dalam proses pengerjaan wisata ini sendiri juga banyak rintangannya namun dengan tekad yang kuat dan komitmen yang tinggi semua rintangan akan dapat teratasi. 

 Untuk rute menuju Wisata Pelang ini juga terbilang sangat mudah dan banyak jalan yang bisa ditempuh. Apabila kalian dari arah Tuban Kota, maka melalui Patung ke Barat. Setelah sampai perempatan Mandirejo barulah belok kiri mengikuti petunjuk atau plang yang telah dipasang.

Akan tetapi, jika kalian dari arah Montong atau Kerek kalian bisa ke arah Tuwiri Wetan dan kemudian ke arah Desa Kapu, lalu ke Dusun Pelang, Desa Tahulu.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS