Makam Waliyullah Sunan Bonang Tuban Dipadati Peziarah Menjelang Ramadan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah, para peziarah dari berbagai kota memadati Makam Sunan Bonang, yang berada di Kelurahan Kutarejo, Kecamatan/ Kabupaten Tuban. 

Salah seorang keryawan yang ada di Kawasan Sunan Bonang, Imam mengungkapkan jika kondisi ramainya peziarah dari berbagai daerah ini, sudah terjadi sejak Bulan Februari 2023 kemarin. 

"Alhamdulillah mbak, menjelang Bulan Ramadan peziarah meningkat sekali, mulai dari Bulan Februari sampai Maret 2023 ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Rabu (22/3/2023). 

Menurutnya, para peziarah yang datang sendiri, bukan hanya dari kalangan umum saja. Akan tetapi, kunjungan  juga didominasi oleh santri ataupun santriwati dari pondok pesantren. 

Senada, karyawan lainnya, Asmunik juga mengatakan bahwa menjelang Bulan Ramadhan ini, peziarah yang datang ke Makam Sunan Bonang semakin meningkat setiap harinya, terlebih pada akhir pekan atau wekeend. 

"Memang peziarah sangat banyak mbak mau Bulan Ramadhan ini, apalagi kalau Hari Sabtu dan Minggu itu penuh," katanya. 

Selain itu, perempuan asal Desa Bejagung tersebut juga menambahkan bahwa pada Bulan Januari 2023 lalu, total peziarah yang datang mencapai 135999  orang. Sedangkan pada Bulan Februari, pengunjung mengalami peningkatan signifikan, yaitu berkisar 187254 peziarah. 

"Untuk bulan Maret sampai saat ini, total peziarah sebanyak 131906 orang," tambahnya. 

Sementara salah seorang peziarah asal Kabupaten Bojonegoro, Saiful mengaku setiap tahun selalu berziarah ke makam-makam Wali menjelang Bulan Ramadhan, agar mendapatkan berkahnya. 

"Alhamdulillah setiap tahun selalu menyempatkan berziarah ke Makam-makam Wali,  semoga bisa mendapatkan berkah dari para Wali," pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS