10 Rekomendasi Oleh-oleh di Kampung Pesisir Khas Tuban, Terasi hingga Petis

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Kabupaten Tuban ternyata memiliki berbagai tempat pusat oleh-oleh khas Tuban, salah satunya ada pusat oleh-oleh kampung pesisir. Di mana pusat oleh-oleh kampung pesisir khas Tuban ini merupakan usaha BUMDes Desa Karangangung dibidang perekonomian yang meyediakan olahan hasil tangkap laut dari nelayan setempat. 

Adapun lokasi pusat oleh-oleh kampung pesisir ini berada di Jl. Raya Dandeles No.93, Karangangung Timur, Karangangung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Ayunda Yudistria Anggraini (22 tahun), selaku kasir oleh-oleh kampung pesisir mengaku telah menjadi karyawan semenjak toko mulai dibuka yaitu 3 bulan yang lalu, tepatnya pada 9 November 2022. Sedangkan untuk jam operasionalnya pusat oleh-oleh kampung pesisir buka setiap hari. Pada Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00-22.00 WIB serta Senin-Jumat mulai pukul 10.00-21.00 Wib, Selasa (7/3/2023).

Berikut ini 10 rekomendasi oleh-oleh kampung pesisir yang wajib diburu.

1. Terasi

Oleh-oleh yang dapat kalian bawa pulang adalah terasi khas Tuban. Produk ini terbuat 100% rebon asli sehingga menghasilkan rasa lebih legit, enak dan tidak ada rasa pahitnya jika dimakan dan cocok untuk membuat sambal dan aneka masakan lainya.

Salah satu produk yang ditonjolkan di kampung pesisir yaitu terasi udang yang dapat bertahan selama 2-6 bulan. Adapun untuk harga terasi juga beraneka ragam mulai dari harga Rp4 ribu sampai Rp60 ribu tergantung kualiatas terasi. 

2. Petis

Petis khas Tuban di kampung pesisir ini terdapat 2 jenis petis yaitu petis udang dan petis ikan. Petis yang lebih rekommeded adalah petis ikan dengan rasa pedas manis yang dapat bertahan selama 2-6 bulan.

Di mana olahan petis ini adalah hasil olahan dari UMKM Desa Karangagung sendiri. Dengan harga jual petis ikan mulai Rp 15 ribu sampai Rp20 ribu dengan berat 200 gram, sedangkan untuk petis udang Rp15 ribu dengan berat 150 gram. 

3. Ikan Asin 

Ikan asin khas Tuban memiliki berbagai jenis ikan seperti, ikan teted, ikan cumi, ikan jambrong, ikan teri, teri nasi, dan masih banyak lagi. Di mana ikan asin ini dapat bertahan selama 10 bulan sampai 1 tahun.

Untuk harga jual ikan asin beraneka ragam tergantung jenis ikan mulai dari Rp15 ribu sampai Rp 50 ribu dengan berat mulai 100 gram sampai 500 gram.

4. Kerupuk

Selain ikan asin olahan ikan selanjutnya yang ada di pusat oleh-oleh kampung pesisir adalah kerupuk. Di sini juga menyediakan kerupuk mentah dan kerupuk matang.

Jenis kerupuk di kampung pesisir juga berbagai macam seperti, kerupuk udang, kerupuk rajungan, kerupuk lemi rajungan, dan masih ada jenis kerupuk lainnya. Ttak kalah menarik ada kerupuk kelor, di mana kelor merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Harga jual kerupuk juga terbilang cukup terjangkau mulai dari Rp15 ribu sampai Rp 30 ribu dengan berat 250 gram.

5. Rengginang

Jajanan selanjutnya yaitu regginang, di mana rengginang ini merupakan olahan dari UMKM yang ada di Desa Palang. Jenis rengginang juga berbagai macam ada rengginang manis dan rengginang pedas dengan tekstur yang renyah.

Harga rengginang sendiri cukup terjangkau mulai Rp 18 ribu sampai Rp20 ribu dengan berat 250 gram.

6. Abon

Selain makanan di atas hasil olahan ikan selanjutnya adalah abon yang berasal dari Tambakboyo dengan jenis abon yang bermacam-macam seperti: abon tongkol, abon pedo, abon bandeng, dan abon jambrong dengan rasa yang gurih. Untuk harga jual abon yaitu Rp17 ribu dengan berat 100 gram dan Rp30 ribu dengan berat 200 gram.

7. Ikan Crispy

Oleh-oleh selanjutnya yang dapat kalian dapatkan yaitu ikan crispy. Di mana ikan crispy di sini merupakan makanan siap saji jadi bisa langsung kalian nikmati tanpa proses masak. Adapun jenis ikan crispy juga beraneka ragam seperti: teri crispy, layur crispy, cumi crispy, dan masih banyak lagi. Makanan satu ini memiliki tekstur yang renyah dan memiliki rasa yang cukup gurih. Untuk harga jual ikan crispy yaitu Rp30 ribu dengan berat 80 gram.

8. Legen 

Legen merupakan minuman tradisional khas Tuban yang berasal dari pohon siwalan. Minuman khas satu ini memiliki rasa yang manis dan segar yang biasa dijual dengan kemasan botol.

Sedangkan untuk harga jual yaitu Rp17 ribu dengan kemasan 1 liter.

9. Kue Rambutan 

Oleh-oleh yang tak kalah menarik adalah kue rambutan khas Panyuran. Kue yang berbahan dasar dari tepung beras tersebut diberi nama kue rambutan karena hasilnya menyerupai rambut dengan rasa yang manis.

Harga kue rambutan cukup terjangkau yaitu Rp16 ribu dengan kemasan seberat 200 gram.

10. Kecap Laron 

Kecap Laron merupakan sebuah merek kecap yang legendaris di Tuban. Kecap laron ini terbuat dari bahan kedelai hitam pilihan, sehingga menghasilkan rasa dan tekstur lebih kental dan manis.

Harga kecap laron ini tidak terlalu mahal yaitu mulai dari kemasan kecil 150ml Rp12,5 ribu, 300ml Rp20 ribu, dan untuk 600ml Rp32 ribu.

Selain melayani di tempat, pusat oleh-oleh kampung pesisir juga dapat melayani melalui plafrom e-commers seperti: Shopee (kampungpesisir093) dan Whatsapp (089513493787). Diketahui selain menjual beraneka jenis makanan toko ini juga menjual batik dan juga hiasan.

Wanita 22 tahun tersebut mengatakan untuk momen yang paling laris di toko ini biasanya Minggu serta pada saat liburan.

Di sisi lain selain banyaknya jenis produk yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tersayang, fasilitas yang ada di pusat oleh-oleh kampung pesisir juga terbilang cukup baik seperti: Mushola, ATM center, Rest area, Coffeshop, dan Toilet sehingga cocok bagi para wisatawan. [Lia/Ali]

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS