Cinderamata Khas Tuban ini Bisa Buat Nasi Jadi Sedap

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Jika Anda sedang berkunjung di Kabupaten Tuban, tak ada salahnya Anda membeli kerajinan bambu khas Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Kerajinan anyaman bambu sendiri merupakan sebuah kerajinan yang telah ada bahkan tidak diketahui kapan mulai ada di Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Zubaidi, di Desa wisata Kebomlati sendiri saat ini, kurang lebih terdapat 15-an produk yang dibuat oleh masyarakat lokal Kebomlati dan siap dipasarkan.

“Saat ini kurang lebih 15  produk yang telah dibuat oleh masyarakat di sini,” ujar Zubaidi kepada blokTuban.com, Senin (20/02/2023).

15 produk yang dibuat oleh masyarakat ialah hasil pengembangan dari berbagai kerajinan anyaman bambu yang sudah bisa dibuat oleh masyarakat sekitar.  

Salah satu produk unggulannya adalah Tempat nasi (Wakul) untuk wakul ukuran sedang beserta tutupnya di desa ini cuma dibandrol dengan harga Rp30 ribu.

Menurut Zubaidi nasi yang ditaruh di wakul dari bambu, memiliki aroma yang beda dibandingkan ditaruh di wadah plastik.

“Saya telah membuktikan kalau di taruh di wadah bambu aromanya agak sedap mas, beda sama di taruh plastik,” ujarnya.

Selain Wakul masih ada berbagai produk lainnya seperti tempat pensil, tempat lampu, tempat buah, bahkan tempat sampah.

Untuk harga sendiri juga tergolong ramah di kantong karena cuma berkisar dari 3 ribu rupiah hingga Rp50 ribu saja.

Bagi kalian yang berminat membeli cinderamata khas Desa Kebomlati bisa menghubungi nomor whatsapp +62 858-4399-0755 atau bisa sambil melihat para pengrajin membuat anyaman bambu bisa langsung datang di Desa ini.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS