5 Ekor Sapi Milik Warga Socorejo Tuban Mendadak Mati, Kades : Dugaan Terpapar PMK

Reporter : Mochamad Nurrofiq

blokTuban.com - Sebanyak 5 ekor ternak milik warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, tuban dilaporkan mati.

Kematian sapi milik warga Dusun Borosoco itu diduga akibat terinfeksi virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah mewabah di Indonesia. 

Demikian yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim usai melakukan sidak pada Senin, (20/2/2023).

"Bersama dengan Kadus Borosoco, pagi ini kita mengunjungi kandang ternak sapi yang terlaporkan mati diduga karena PMK," terang Kades dua priode tersebut.

Pasca kunjungan tersebut, Kades yang akrab disapa kang arief itu berupaya melakukan koordinasi dengan pejabat terkait di tingkat kecamatan dan dinas kesehatan. Pihaknya berharap wabah PMK ini terakhir kalinya melanda ternak warganya.

Baca Juga:

Kendalikan PMK, Seluruh Pasar Hewan di Tuban Kembali Disemprot Desinfektan

Dari informasi yang diterima dari pihak Pemdes Socorejo, segera akan ditindaklanjuti pencegahan dan penanggulangan penularan PMK. Sapi yang dinilai sakit akan diobati dan yang sehat akan divaksin.

"Besok pagi akan dilakukan penyemprotan desinvektan, sekaligus pengobatan untuk sapi yang sakit dan vaksinasi untuk sapi yang sehat," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah pasar hewan yang ada di Kabupaten Tuban, kembali disemprot disinfektan oleh petugas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, guna mengendalikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang binatang ternak.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban, Pipin Diah Larasati mengatakan jika kegiatan ini, dilakukan mencegah virus berkembang dan menyebar lebih luas.

“Tindakan penyemprotan desinfektan sebagai upaya pengendalian PMK, mencegah virus berkembang dan menyebar lebih luas,” ujarnya.

Data yang dihimpun oleh blokTuban.com dari dinas terkait, sejak Januari 2023 lalu terdapat 293 kasus PMK di Kabupaten Tuban. Kendati demikian, seluruh hewan tersebut sudah dalam proses recovery.[rof/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS