Patung Kuda Kesepuluh Berdiri di Taman Sleko Tuban, Terbuat dari 361 Kenalpot Brong

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Sebagai sarana edukasi kepada masyarakat Satlantas polres Tuban resmikan patung kuda setinggi 3 meter dari ratusan knalpot brong di Taman Sleko Kabupaten Tuban, Jumat (3/02/2023). patung dari kenalpot tersebut menambah jumlah patung kuda di taman tersebut yang sebelumnya ada 9 kuda. 

Patung kuda setinggi 3 meter ini merupakan rombakan dari patung kuda yang dipasang di pos pelayanan rest area saat operasi ketupat mudik lebaran tahun lalu yang memiliki ketinggiannya cuma 1 meter.

Kasatlantas Polres Tuban AKP Arum Inambala mengatakan bahwa patung ini terbuat dari 361 knalpot brong dari hasil sitaan Satlantas Polres Tuban sejak tahun 2021 dari pelanggar lalu lintas.

“Patung terbuat dari 361 knalpot dari hasil sitaan mulai 2021 akan tetapi di Tahun 2022 hasil penindakan kita bertambah untuk knalpot brong akhirnya kita buat kembali patung yang awalnya hanya setinggi 1 meter menjadi 3 meter,” ujar Kasat lantas Polres Tuban AKP Arum Inambala kepada wartawan, Jumat (3/02/2023).

Perwira kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini menambahkan alasannya kenapa memilih bentuk patung kuda tak lain karena kuda merupakan hewan icon masyarakat Tuban yang juga hewan tunggangan Adipati Tuban Raden Haryo Ronggolawe.

“Sebenarnya ini sama dengan ciri khas masyarakat Tuban, ini adalah patung kuda di mana kuda merupakan tunggangan Adipati Ronggolawe” bebernya.

Penempatan patung di lokasi keramaian memiliki tujuan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa, menggunakan knalpot brong itu merupakan sebuah bentuk pelanggaran. Dan tahapannya semua pihak juga ikut merawat dan menjaga patung tersebut.

“Yang paling penting adalah masyarakat paham bahwa menggunakan knalpot brong merupakan bentuk pelanggaran karena selain menimbulkan kebisingan juga membuat pengguna jalan dan masyarakat tidak nyaman, serta nantinya masyarakat bisa lebih tertib berlalu lintas sehingga angka Lakalantas bisa turun," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS