Perluas Pemasaran, SBI Latih UMKM Tuban Membuat Konten Medsos

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Berkontribusi dalam pemulihan sosial ekonomi akibat pandemi, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban bekerja sama dengan Ronggolawe Press Solidarity (RPS) mengadakan Pelatihan Konten Digital, Kamis, 26 Januari 2023. 

Pelatihan yang diikuti sekitar 30 pelaku UMKM yang berada di sekitar pabrik dan tergabung dalam Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) dan Perempuan Wirausaha (Perwira) ini, menghadirkan Rizqi Sahputra selaku founder aplikasi Kuriner Indonesia, M.Abdurrochim selaku jurnalis tugujatim.com dan Edy Purnomo selaku General Manager bloktuban.com.

Moch. Yunani Rizzal selaku General Affair & Community Relations Manager mengatakan dalam sambutannya, bahwa program ini selaras dengan arahan pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi yang dapat dimulai dari pemulihan sektor UMKM. 

Hal ini dikarenakan 99 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan pendekatan ke pasar dan go digital. 

Baca juga:

Pabrik Semen Ini Budidaya Mikroalga, Manfaatnya Bisa Serap CO2

“Pada era digital setiap UMKM berpotensi untuk melebarkan usahanya dengan memproduksi sebuah konten produk. Semakin menarik konten yang dibuat, akan semakin banyak yang tertarik untuk membeli produknya. Agar konten-konten yang dibuat menarik, dibutuhkan kompetensi yang cukup dalam membuat konten. Inilah alasan yang mendasari digelarnya pelatihan membuat dan mengembangkan konten di SBI dengan menggandeng RPS sebagai fasilitator,” ungkap Rizzal.

Senada dengan Rizzal, Edy Purnomo sebagai salah satu narasumber acara ini menyampaikan bahwa, “Konten media sosial merupakan aspek penting dalam memberikan informasi yang cepat, menarik dan mudah untuk berinteraksi atau berkomunikasi hingga menimbulkan kesan yang mengesankan bagi instansi, pribadi atau komunitas,” sambungnya. 

Sebelumnya SBI telah menginisiasi program pendampingan kepada Pekka dan Perwira sejak 2019 dengan memberikan stimulan usaha untuk penguatan ekonomi, pelatihan manajemen keuangan sederhana, kewirausahaan, refleksi diri berkelanjutan, kepemimpinan dan  produksi aneka makanan untuk peningkatan perekonomian masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.

Khoirul Huda selaku Ketua RPS Tuban berharap semoga dengan digelarnya acara ini, peserta mampu memahami pembuatan konsep untuk konten media sosial, memvisualisasikan hasil rancangan, mengedit visual konten serta membuat konten media sosial dengan berbagai peruntukan. 

"Semoga pendampingan oleh SBI dapat terus dilakukan untuk kemajuan UMKM," tandasnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS