Awal Tahun 2023 Puncak Musim Penghujan, BMKG Tuban: Waspada Bencana Hidrometeorologi

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Awal tahun 2023 ini merupakan puncak dari musim penghujan di Kabupaten Tuban. Menurut  prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban, kemungkinan akan ada cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Tuban selama awal tahun ini.

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan Puncak dari musim hujan yang ada di Kabupaten Tuban diprediksi oleh BMKG Kabupaten Tuban akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2023. Hal ini tentunya akan menimbulkan beberapa efek atas terjadinya puncak musim penghujan ini.

“Perlu kita waspadai dengan adanya cuaca ekstrem saat puncak musim penghujan yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi,” ujar Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama kepada blokTuban.com, Sabtu (7/01/2022).

Bencana hidrometeorologi sendiri meliputi  banjir, banjir bandang, genangan, longsor dan angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang serta adanya gelombang laut tinggi.

Untuk gelombang tinggi sendiri hingga saat ini dari pantauan BMKG Kabupaten Tuban sudah mulai menurun atau kondusif.

“Kemarin ombak di laut Kabupaten Tuban sangat tinggi, dan membahayakan nelayan akan tetapi akhir-akhir ini kondisinya semakin menurun dan kondusif,” tambahnya.

Untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Tuban untuk selalu berhati-hati ketika hendak berkegiatan di luar rumah, seperti para nelayan agar terus memantau prediksi prakiraan cuaca dan gelombang air laut.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS