9 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Lamongan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selain menjadi surga kuliner, Kabupaten Lamongan juga terkenal dengan wisata alamnya. Ada banyak tempat wisata menarik di Lamongan yang mampu bersaing dengan sejumlah tempat wisata di Malang yang terkenal.

Lamongan sendiri sangat terkenal dengan wisata bahari dan juga memiliki banyak daya tarik lainnya. Bahkan tidak jarang pengunjung dari luar kota seperti Tuban, Gresik, dan Mojokerto menyempatkan untuk mampir ke destinasi yang ada.

Penasaran wisata apa saja yang ada di Lamongan? Ini 9 rekomendasi tempat wisata Lamongan yang terbaik untuk dikunjungi:

 

1. Pantai Joko Mursodo 

Lokasi Pantai Joko Mursodo sendiri terletak di Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Memiliki pasir nan putih, air laut yang bersih nan jernih serta ombak tenang yang dikelilingi rimbunan pohon bakau membuat Pantai Joko Mursodo terasa masih alami. 

2. G Park 

“G Park” berlokasi di kompleks waduk Gondang, Lamongan. Wisata ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati akhir weekend. 

Selain itu, layak dikunjungi bersama keluarga dan kerabat anda. Di area wisata terdapat beberapa wahana baru yang bisa jadikan anda spot selfie.

3. Sendang Bawono 

Wisata Sendang Bawono terletak di Desa Deket Agung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Diresmikan oleh Bupati Lamongan, Fadeli pada tanggal 03 September 2020 dan dalam sambutanya dijelasan sebagai bentuk penghargaan pemda akan membantu dan menyarankan untuk kemajuan dapat berkerjasama dengan pihak ke 3 untuk lebih memajukan wisata ini.

4. Pantai Maldives 

Terletak di pesisir pulau Jawa, tepatnya di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Pantai Maldives berdekatan sekali dengan Pantai Tanjung Kodok yang sekarang dikenal dengan Wisata Bahari Lamongan. 

Di area pinggir pantai, terdapat gubug-gubug bambu yang menggunakan atap daun kering. Ada pula beberapa gubug yang dibangun diatas lautnya. Gubug-Gubug ini dapat digunakan untuk beristirahat menikmati indahnya pantai sambil bercengkrama dan juga bercanda ria.

5. Bukit Suru Lembor 

Wisata pegunungan yang tak kalah memukau dari Gunung Pegat adalah Gunung Suru Lembor. 

Wisata ini menyajikan pengunungan kapur yang berhiaskan tanaman Suru (semacam tanaman kaktus yang berbentuk seperti centong nasi) berbagai spot foto yang menarik juga disediakan bagi wisatawan yang berkunjung.

6. Pesona Wisata Gunung Pegat 

Gunung Pegat terletak di Desa Karang Kembang yang juga merupakan wilayah dari Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan.

Tempat ini akan terlihat saat kalian melakukan perjalanan dari arah Babat menuju Jombang, atau dari arah Jombang menuju Babat. 

7. Wisata Air Hangat Mbrumbung 

Air hangat satu ini berada di Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Sejak tahun 2006, pemandian ini telah dijadikan sebagai tempat wisata. 

Air dialirkan dari kolam kecil tempat sumber air panas yang keluar dari bawah tanah, tepat di bawah sebuah pohon besar. Sebelumnya tempat ini hanya berupa dua kolam kecil dengan dinding yang sebagian besar dari batu – batuan. 

8. Wisata Akar Langit Trinil

Akar langit trinil berada di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan. Untuk menuju lokasi, kalian dapat menempuh melalui jalur Jalan Daendels antara Gresik-Paciran-Brondong-Tuban atau 39 km dari pusat Kota Lamongan.

Pengunjung yang datang dikenakan tarif Rp 5 ribu, ditambah ongkos parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu. Pohon unik yang viral yaitu Pohon dedalu perkasa atau yang lebih dikenal dengan nama pohon trinil raksasa.

Akar-akar yang berukuran cukup besar dan kokoh ini saling melilit secara alami sehingga menghasilkan karya seni yang dibentuk oleh alam karena bentuk unik pohon trinil bukan dibentuk secara sengaja oleh tangan manusia.

9. Gunung Mas Mantup 

Wisata ini terletak Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan. Jika anda berada di Alun-Alun kota Lamongan anda setidaknya akan menempuh jarak sekitar 20 km ke arah selatan.

Gunung Mas sendiri sebenarnya berupa rumah tinggal dari kayu yang dipercantik dengan nuansa Jawa dan China. Warna merah menjadi ciri khas setiap bangunan yang ada di kawasan ini. [Ali]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS