Jelang Tol Tuban-Lamongan-Gresik di 2023, Pemkab Lamongan Usulkan Tiga Exit Tol

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabar akan dibangunnya ruas tol Tuban-Lamongan-Gresik pada 2023 disambut positif oleh banyak pihak. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Lamongan yang langsung mengusulkan tiga titik exit tol di wilayahnya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan, Mohammad Nalikan menyampaikan kepada media, bahwa Pemkab meminta ada tiga akses pintu masuk dan keluar tol. Ketiga usulan exit tol tersebut terletak di kawasan Kota Lamongan, kawasan Jalan Raya Sukodadi-Paciran, dan kawasan Kecamatan Babat. 

"Exit tol itu diusulkan dengan tujuan memudahkan akses ke lokasi wisata dan pusat perekonomian di Lamongan," ujar Sekda Nalikan, Sabtu (10/12/2022). 

Lebih dari itu, lanjut Nalikan bahwa Pemkab Lamongan juga mengusulkan penempatan Rest Area dapat di kawasan Lamongan. Agar produk kuliner dan UMKM khas Lamongan semakin dikenal masyarakat luas khususnya pengguna jalan tol. 

"Kami tentu ingin mengenalkan produk kuline dan UMKM kepada pengguna jalan tol yang melintas," terangnya. 

Baca berita terkait :

Amdal Jalan Tol Gresik-Tuban Dimulai, Sambung Tol Ngawi-Bojonegoro-Tuban 

Nalikan menambahkan, bahwa pembangunan ruas tol Tuban-Lamongan-Gresik bakal dibangun di tahun 2013. Kurang lebih tol melintasi 40 desa di 8 kecamatan di Kabupaten Lamongan.

Adapun tahapan di penghujung tahun 2022 yaitu kajian dan perencanaan desain, setelah itu proses pembebasan lahan. Sebelum itu dilakukan, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan bersama Kementrian PUPR akan menggelar konsultasi publik kepada pihak yang berkepentingan.

Sebelumnya, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) rencana pembangunan jalan tol Gresik - Tuban sudah dimulai di Kabupaten Tuban. Sosialisasi kerangka acuan Amdal diikuti Forkopimcam Widang dan Plumpang serta OPD terkait di Kantor Kecamatan Widang, Senin (5/12/2022).

Jalan tol Gresik-Tuban memiliki panjang 54, 311 Kilometer. Melewati dua kecamatan di enam desa, yaitu Kecamatan Plumpang 1 desa, yakni Desa Penidon; Kecamatan Widang meliputi 5 desa, mencakup Desa Compreng, Widang, Banjar, Tegalsari dan Kedungharjo. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS