Doa Supaya Memiliki Ilmu Bermanfaat Oleh Gus Mus

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berdoa adalah wujud salah satu upaya manusia dalam berikhtiar. Seperti ketika sudah menuntut ilmu secara formal atau tidak formal dapat diimbangi dengan membaca doa supaya ilmu yang telah diperoleh tersebut bermanfaat di dunia dan akhirat.

Salah satu Mustasyar PBNU, K.H. Ahmad Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus memiliki pandangan bahwasanya berdoa dan berusaha itu bagian dari takdir seseorang.

“Doa itu sebenarnya adalah takdir bagi orang yang diberikan kemauan untuk berdoa,” ungkapnya sebagaimana dikutip dari NU Online.

Berikut doa agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat oleh Gus Mus:   

 Ø§Ù„لَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ    "Allahumman faniy bimaa alamtaniy wa alimniy maa yanfauniy wa zidniy ilman alhamdulilahillahi alaa kulli haalin wa audzu billahi min haali ahlin naari."  

"Ya Allah, berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Ajarkan kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada setiap kondisi (bahagia atau pun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka.

Dengan membaca doa tersebut, bahwasanya dengan menuntut ilmu tidak lantas menjadikan seseorang kufur atas nikmat dan takabur. Semoga bermanfaat.[dwi]

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS