Punya Jerawat Susah Sembuh? Atasi dengan 4 Cara Berikut ini
Oleh: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Memiliki jerawat yang susha sembuh atau hilang memang menyebalkan. Namun perlu sobat bloker ketahui, jerawat merupakan keadaan kulit yang tidak dalam keadaan sehat yang perlu diketahui penyebabnya.
 
Kebanyakan jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. 
 
"Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit," sebagaimana dikutip bloktuban.com dari laman halodoc pada Senin (14/11/2022).
 
Peradangan kulit yang menimbulkan jerawat ini rupanya juga mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Tidak jarang perawatan bernilai mahal ditempuh untuk menyembuhkan jerawat yang tidka diinginkan tersebut.
 
Namun lebih daripada itu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit terutama wajah perlu ditingkatkan. Berikut ini beberapa cara yang dapat sobat bloker lakukan untuk menghilangkan jerawat mejaga kebersihan kulit wajah.
 
1. Gunakan pelembab wajah yang sesuai
 
Mengoleskan pelembab pada wajah merupakan cara sederhana menjaga kelembaban wajah. Hal ini dilakukan untuk menghambat peningkatan produksi minyak pada wajah yang menjadi penyebab jerawat timbul. Namun apabila terlanjur memiliki jerawat, pilihlah pelembap wajah berlabel noncomedogenic dan bebas minyak.
 
2. Secara rutin membersihkan wajah
 
Membesihkan wajah minilam 2 kali sehari baik untuk menjaga kebersihan wajah. Pilihlah sabun cuci muka yang cocok atau dengan melakukan double cleansing sebelum dan sesuah memakai make up dalam aktifitas keseharian, terlebih setelah memaki make up yang berat.
 
3. Cukup minum air putih
 
Minum air putih yang cukup setiap hari akan membantu menghidrasi kulit. Sebab kulit yang kering akan memicu minyak wajah belebih.
Kulit yang sehat adalah yang dijaga kebersihannya dan cukup terhdrasi sebagaimana anjuran kesehatan minum minimal 2 liter air sertiap hari. Namun juga jangan terlalu over meski air putih membawa kebaikan, apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan penyakit baru lainnya.
 
 
4. Makan sayuran 
 
Sayur mayur merupakan bagian dari pola konsumsi hidup sehat yang ideal. Sebab dalam sayur terdapat kandungan seperti serat, vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Sayur yang memiliki warba cerah dipercaya memiliki antioksidan seperti paprika, bayam, dan buah beri, dapat menjaga kesehatan kulit, termasuk wajah. S
 
 
Itulah tadi cara merawat kesehatan dan kebersihan wajah agar terhindar dari jerawat, semoga bermanfaat.[dwi]
 
 
 
 
 
Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 
 
https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id