Resmi Dilantik, Pengurus Daerah MES Tuban Tancap Gas Sertifikasi Produk Halal

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada (10/11), Pengurus Daerah (PD) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Tuban, menggelar agenda pelantikan pengurus MES Periode 1444-1445 H, bertempat di Grand Javanilla yang berada di Jl. Moh. Yamin No. 11 Tuban.

Pelantikan ini sendiri sebagai petanda dimulainya pelasaksanaan program kegiatan PD MES Tuban, untuk mewujudkan terciptanya masyarakat yang melaksanakan kegiatan ekonomi, dengan mengikuti syariat islam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tuban sekaligus Wakil Dewan Pembina PD MES Tuban, H. Riyadi, Kasi Bimbingan Mayarakat Islam Kemenag Tuban, Mashari, Kepala Kesbangpol Tuban, Didik Purwanto, Pengurus Pusat MES Indonesia, beserta beberapa OPD lainnya.

Ketua PD MES Tuban, Sofiul Burhan mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya agenda pelantikan saja, akan tetapi juga diikuti dengan sekolah pasar modal syariah, yang bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia serta beberapa organisasi lainnya.

“Untuk kegiatan hari ini adalah kegiatan yang diselenggaran oleh PD MES Kabupaten Tuban. Kurang lebih ada sekitar 30 anggota yang dilantik,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (10/11/2022).

Selain itu, Sofiul sapaan akrabnya menambahkan MES Tuban dalam programnya akan mengadakan program pendampingan, terkait sertifikasi produk halal. Hal ini sebagai wujud nyata pendampingan MES Tuban terhadap pelaku UMKM di Bumi Ronggolawe.

Oleh karena itu, kedepannya MES Tuban juga akan mencanangkan program 500 pendampingan sertifikasi produk halal. Dengan menggandeng Penjamin Produk Halal (PPH) ISNU serta beberapa kampus yang sudah diajak kerjasama.

“Harapannya Tuban harus mampu mengembangkan dan  meningkatkan kegiatan ekonomi syariah, dan juga keuangan syariah, karena memang inti visi dari MES itu. Makanya kita harus mengakomodir dari berbagai elemen,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dewan Pembina PD MES Tuban, H. Riyadi sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan yang juga mengusung tema, Menjadi Investor Syariah : Gaya Hidup Cerdas Kekinian.

Pasalnya, setelah kurang lebih 12 tahun MES berdiri, namun baru tahun ini terbentuk struktur organisasi di Kabupaten Tuban. Hal tersebut, lanjutnya merupakan salah satu bukti bahwa PD MES Tuban siap untuk maju.

“Pesan saya ilmu yang didapat hari ini, jangan hanya sebagai pengetahuan. Tapi segeralah dilakukan dan dipraktekkan, sehingga  mulai dari diri sendiri dan ke depan bisa untuk kemanfaatan secara luas,” paparnya.

Dengan demikian, ia berharap di tengah era digitalisasi dan teknologi ini, masyarakat tidak hanya berfikir bisnis yang konvensional saja. Akan tetapi juga berfikir tentang bisnis yang kekinian.

“Kami sangat berharap kalau sekolah ini diikuti dan dipraktekkan,  ke depan bisa menjadikan masyarakat betul-betul berwawasan luas dan tanggap terhadap perkembangan zaman. Sehingga kita bisa menjadi pemimpin yang benar-benar sejahtera,” tutup Wabup asal Desa Maibit, Rengel. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS