Banyak Manfaat, Begini Cara Budidaya Bunga Telang di Pekarangan Rumah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bunga telang atau biasa disebut Clitoria Ternatea merupakan tanaman yang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Selain dimanfaatkan untuk menghias rumah karena warna dan bentuknya yang indah, ternyata bunga satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tak heran, jika saat ini banyak masyarakat yang penasaran dan berbondong-bondong, ingin membudidayakan bunga bewarna biru ini. Diantaranya di pekarangan rumah masing-masing, karena juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Namun teryata, membudidayakan bunga telang di pekaranga rumah sangatlah mudah. Salah seorang pengusaha minuman bunga telang di Kabupaten Tuban, Retno Nur Hidayati mengatakan jika ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membudidayakan bunga tersebut.

“Cara membudidayakan bunga telang, kita tanam dengan biji. Kemudian dari biji tersebut kita semai,” ungkapnya kepadabblokTuba.com, saat ditemui di pekaranga rumahnya, Minggu (6/11/2022).

Dalam proses menyemai bunga telang ini, lanjut Retno sapaan akrabya, yaitu dengan cara menyiapkan media semai dengan campuran dari tanah, pasir dan juga pupuk kompos. Kemudian barulah dimasukkan ke dalam wadah seperti polybag ataupun kaleng bekas.

Setelah  disemai kurang lebih 3 sampai 7 hari, tunas bunga telang akan muncul dengan sendirinya. Selanjutnya maka tunas tersebut siap untuk di tanam, dengan dipindahkan ke tanah ataupun pot yang lebih besar.

“Setelah tumbuh kecil kita polybag kecil, kemudian setelah tumbuh besar kita tanam di tempat yang lebih besar, dengan diberikan anjang-anjang (kayu) karena tanaman ini merambat,” sambungnya.

Lebih lanjut, dalam membudidayakan bunga telang ini, juga harus telaten dalam melakukan perawatan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur. Adapun proses perawatan bunga telang ini sendiri, ialah meliputi penyiraman, pemupukan, hingga pengaturan hama yang mengancam.

Biasanya, untuk penyiraman sendiri dapat dilakuka dengan melihat kondisi media tanamnya, jika sudah lembab, maka cukup disiram satu kali saja dalam sehari. Pada umumnya, bunga telang akan tumbuh pertama kali pada saat tanaman berusia 30 hingga 45 hari.

Namun, jika usia tanaman sudah tua, maka sebaiknya bunga telang diremajakan kembali, dengan memotong daun-daun yang sudah kering dan memetik buahnya, karena itu dapat menghambat proses pertumbuhan bunga.

“Kira-kira butuh waktu sekitar satu tahun itu tanaman perlu diremajakan. Tapi tidak harus dimatikan, tapi hanya dibuang daunnya yang sudah kering dan buah-buahnya, kemudian kita semprot dengan cairan, saya disini pakai vixin itu tumbuh lagi, tunas baru yang akan menumbuhkan bunga baru,” terangnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS