18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Optimalkan Penanganan PMK, Hewan Ternak di Tuban Dipasang Eartag dan Vaksinasi

bloktuban.com | Wednesday, 02 November 2022 16:00

Optimalkan Penanganan PMK, Hewan Ternak di Tuban Dipasang Eartag dan Vaksinasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah sejak beberapa waktu lalu turut menjangkit hewan ternak di Kabupaten Tuban. Untuk itu, beberapa wilayah di Tuban turut dilakukan optimalisasi serentak penanganan PMK dengan vaksinasi PMK pada Rabu (2/11/2022).

Dinas Peternakan Kabupaten Tuban dengan menggandengkan instansi terkait melakukan percepatan vaksinansi kepada hewan ternak, Selain itu juga dilakukan pengambilan sampel darah serta pemberian Eartag Barcode guna memudahkan pendataan. 

Kali ini, kegiatan ini dilakukan di Desa Boncong, Bogorejo, Sukoharjo, Margosuko, Ngampelrejo, Ngujuran dan Tlogo Agung yang berada di wilayah Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Petugas melakukan penyuntikan vaksin dan memasang anting (Eartag Barcode) terhadap hewan ternak. 

Baca juga: Pasca Vaksinasi PMK, DKP2P Tuban Ambil Sampel Darah Hewan Ternak

"Penanda tersebut mengandung informasi tentang identitas sapi, sehingga memudahkan pemerintah untuk mengecek kondisi setiap ekor sapi," ujar Drh Amriyan.

Amriyan menuturkan melalui eartag barcode terbeut bisa mengetahui apakah sapi telah menerima vaksinasi, jenis kelamin, berapa usianya, dan nama kepemilikannya. Hal ini bertujuan agar memudahkan pemantauan.

Disaat yang sama Babinsa 0811/12 Bancar - Tuban Sersan MD. Bagus Raka mengatakan, pendampingan ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintah dalam percepatan penanganan PMK.

"Kami para Babinsa melaksanakan pendampingan PMK ini demi mensukseskan program Pemerintah. Seperti halnya Serma Pratondo, Sertu Darwaji, Serda Dody, Serda Mudhohir dan Serda Rofi'i melakukan pendataan terlebih dahulu dengan mensosialisasikan kepada warga binaan agar hewan ternaknya dapat di Vaksin," tutur Raka panggilan akrabnya.

Baca juga: Pasar Hewan Tuban Dibuka di Tengah PMK, Kabid Keswan: Hanya Sedikit Penambahan Kasus

Salah seorang peternak sapi Susilo (49), mengaku saat ini merasa lebih tenang setelah ke-empat sapinya telah divaksinasi dan diberi tanda Eartag Barcode. 

“Terima kasih, sapi-sapi saya sudah dipasang anting tanda dan telah divaksinasi, semoga dapat terbebas dari penyakit. Jadi apabila ada pembeli sudah tidak ragu lagi dikarenakan telah terdata dan tervaksin PMK,” ucap Susilo. 

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Vaksinasi PMK, PMK di Tuban, hewan ternak diberi eartag barcode, bloktuban, berita tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat