Waspada! BMKG Sebut Sembilan Wilayah di Tuban ini Rawan Petir

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, menyebut jika ada sembilan wilayah yang masuk ke dalam kategori daerah rawan sambaran petir.

Diantaranya yaitu wilayah di Kecamatan Plumpang, Widang, Semanding, Palang, Tuban, Rengel, Soko, Senori hingga Kecamatan Parengan.  Sedangkan kecamatan lainnya masuk dalam kategori sedang. Untuk itu, perlu kiranya masyarakat terutama yang berada di wilayah rawan petir, agar selalu waspada. 

Baca juga: Simak Tips BMKG Tuban Agar Terhindar dari Sambaran Petir

Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan jika sembilan kecamatan tersebut, dikategorikan rawan petir bukan hanya karena frekuensi kejadian petir yang tinggi, akan tetapi juga dikaitkan dengan jatuhnya korban akibat sambaran petir tersebut.

“Distribusi awan konvektif sebagai contoh awan Cumulonimbus, menjadi faktor utama penyebab terjadinya petir,” ujarnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Jumat (14/10/2022).

Hal tersebut, lanjut Zem sapaan akrabnya, juga dapat dipengaruhi oleh struktur topografi, dari suatu daerah. Seperti daerah yang berada diantara laut dan gunung misalnya, daerah tersebut memiliki peluang yang besar karena merupakan daerah, dengan tingkat konvektifitas yang tinggi.

Selain itu, juga dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan peluang bencana sambaran petir tersebut terjadi.

Baca juga: 16 Kecamatan di Tuban Telah Memasuki Musim hujan?

“Karena seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk, maka bangunan infrastruktur seperti bangunan hotel, gedung perkantoran, jaringan listrik serta menara BTS untuk kepentingan komunikasi, akan ikut berkembang pesat,” jelasnya.

imana, bangunan-bangunan infrastruktur yang tinggi tersebut, memiliki peluang yang sangat besar akan tersambar oleh petir. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat jika mendengar guntur untuk segera masuk ke dalam ruangan, dan menjauhi bangunan-bangunan tinggi termasuk pepohonan.

Pasalnya, jika pepohonan tersebut tersambar petir energinya bisa melompat ke dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, selalu usahakan untuk tidak berteduh di bawah pepohonan, apabila sedang berada di luar ruangan.  [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS