Pertamina Patra Niaga Bersama Mangrove Center Tuban Tanam 2.800 Pohon di Pantai Panduri

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan, PT. Pertamina Patra Niaga bersama Mangrove Center Tuban menanam 2.800 pohon di Pantai Panduri yang berlokasi di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Minggu (9/10/2022). 

Jenis pohon yang ditanam yaitu cemara, sawo kecik, ketapang kencana, dan Alpukat. Keempat jenis tanaman yang diproyeksikan menambah keasrian pantai dan mencegah abrasi itu ditanam di bibir pantai. Selain itu, sebagian bibit Alpukat akan diberikan secara gratis kepada warga untuk ditanam di pekarangannya. 

Hadir dalam kegiatan tanam pohon yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib itu, meliputi Pertamina Fuel TBBM Tuban, Camat Jenu, DLHP Tuban, Pertamina Patra Niaga, Kades Tasikharjo, Disbudporapar Tuban, Kapolsek Jenu, Danramil Jenu, Mangrove Center Tuban, Babin Potmar Tuban, Kelompok Kerja Mangrove, PKS Tuban, Cabang Dinas Kehutanan di Tuban, Forum penyelamat wisata alam, forum penyelamat mata air, Pokdarwis Desa Tasikharjo, dan Forum penyelamat pesisir pantai. 

Sebelum penanaman dimulai, pihak Pertamina Patra Niaga yang diwakili Taruli SH menyerahkan bibit secara simbolis kepada Kepala Desa Tasikharjo, Damuri. Dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen prasasti untuk merawat ribuan tanaman tersebut. 

Kades Damuri mengucapkan selamat datang kepada Pertamina Patra Niaga, Mangrove Center Tuban dan tamu undangan lainnya di Pantai Panduri. Pantai yang baru dibuka selama 15 hari tersebut, diharapkan menumbuhkan ekonomi UMKM sekitar. 

"Selain potensi pantai, di Tasikharjo ada potensi wisata religi Makam Syeh Subakir yang tersohor. Untuk UMKM terdapat batik, jahit, dan terbaru jeruk California yang sudah go nasional," ujar Damuri. 

Direktur Yayasan Mangrove Center Tuban, Ali Mansyur mengucapkan terimakasih kepada Pertamina Patra Niaga, Pemkab Tuban dan seluruh stakeholder lainnya yang menyupport penanaman pohon di Tasikharjo hari ini. 

"Adanya kebersamaan dan gotong royong warga tak lepas dari dorongan Kades. Saat ini eranya individualisme tinggi, tapi di Tasikharjo gotong royong nya tinggi. Bahkan tetap mempersiapkan lokasi acara di luar jam kerja," sambung Ali Mansyur. 

Dijelaskan oleh Ali Mansyur, bahwa sudah menjadi komitmen Pertamina Patra Niaga dan Pemkab untuk perlahan menyupport perkembangan dari Pantai Panduri. Direncanakan di tahun 2023, akan diberikan bantuan berupa gazebo. 

"Pantai Panduri diproyeksikan menjadi kawasan keaneragaman hayati bagi Pertamina Patra Niaga dengan aneka flora dan fauna. Sebelumnya Pertamina FT TBBM telah memiliki keaneragaman hayati di puncak Banyulangseh yang sebagian kecil masuk dalam peta proyek tol," bebernya. 

Kendati demikian, dengan semangat menghijaukan Tuban upaya penanaman ribuan pohon hari ini akan tercatat di dalam sejarah. Hal terpenting dalam penghijauan ada kebersemaan dan niat untuk merawatnya. 

Disambung perwakilan Pertamina Patra Niaga, Taruli SH, berkomitmen terus menjaga lingkungan sekitar operasi tetap hijau. Melalui program CSR, selain penanaman pohon juga pemberdayaan masyarakat di Desa Tasikharjo yang berkelanjutan. 

Selama ini perusahaan lanjut Taruli telah konsisten menyalurkan CSR-nya kepada lingkungan sekitar. Dengan harapan pemberdayaan masyarakat menjadikan laju lebih cepat dan lebih baik. 

"Sebab virus yang baik seperti ini harus ditularkan bukan hanya di Kecamatan Jenu tapi juga wilayah lain di Tuban," katanya. 

Upaya penghijauan oleh Pertamina Patra Niaga diapresiasi langsung oleh Kepala Dinas LHP Tuban, Bambang Irawan. Pemkab mendorong semua industri berkolaborasi untuk terus menghijaukan Tuban. Jangka panjangnya ribuan tanaman yang ditanaman Pertamina jika hidup, maka akan menjaga ekosistem pantai dan menjadi habitat bagi banyak hewan. 

"Selain itu, mengurangi dampak abrasi dan menjadi destiinasi wisata andalan bagi Desa Tasikharjo," tutupnya. [Ali]

 

Temukan konten Berita blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS