11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pengusaha Krupuk di Tuban Keluhkan Kenaikan Harga Bahan Pokok

bloktuban.com | Sunday, 18 September 2022 05:00

Pengusaha Krupuk di Tuban Keluhkan Kenaikan Harga Bahan Pokok Kerupuk mentah nampak sedang dijemur di Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Tuban. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Krupuk merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain sebagai teman saat menyantap makanan, krupuk juga dapat menjadi cemilan yang cocok saat sedang bersantai. 

Itulah sebabnya, saat ini banyak juga masyarakat yang melirik peluang tersebut, sebagai usaha dengan hasil yang menggiurkan. Namun, dalam menggeluti usaha tersebut, banyak tantangan atau kendala yang dihadapi oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makanan, salah satunya harga bahan pokok yang melonjak. 

Salah satu pengusaha Krupuk di Kabupaten Tuban, yang merasakan dampak dari meroketnya harga bahan pokok ialah Widodo. Pengusaha Krupuk Ngebong ini berasal dari Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

"Kita para pelaku usaha mikro untuk saat ini memang sedang terpuruk, dengan kondisi  bahan baku yang sangat meroket," ujarnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Minggu (18/9/2022). 

Baca juga :

Produk UMKM Binaan Pertamina Ludes Terjual di Tong Tong Fair 2022 Belanda

Diboyong Pertamina ke Belanda, Ini Stratgi 455 UMKM Binaan Go Global Bersaing

Semangati UMKM Binaan Pertamina di Tong Tong Fair Belanda, Ini Pesan Erick Thohir

Pasalnya, dengan kondisi tersebut sangat mempengaruhi pendapatan atau omzet penjualan yang dihasilkan oleh Widodo dari hasil berjualan Krupuk bawang ini. 

Menurutnya dalam sehari, usaha yang dirintis ayah dari dua orang anak sejak tahun 2013 silam itu, mampu memproduksi sekitar 50 kilogram bahan baku mentah krupuk dalam sehari. 

"Kalau sudah dalam kondisi matang kira-kira 500 bal per hari. Kita memang sangat terpuruk dengan bahan baku yang meroket, karena pengaruh dengan pendapatan karena HPP terlalu tinggi," sambungnya. 

Untuk menghadapi kenaikan harga bahan pokok ini sendiri, pria berusia 44 tahun ini hanya bisa mengurangi volume kemasan dari produknya tersebut. Sebab, ia tidak bisa menaikkan harga jualnya karena sudah merupakan harga paten untuk pemasarannya.

Sampai saat ini, untuk satu kemasan Krupuk bawang pria ramah ini menjualnya dengan harga Rp4 ribu untuk harga toko. Sedangkan untuk harga jual dibandrol Rp5 ribu. Sementara untuk agen dijual dengan harga Rp3,5 ribu. 

"Kalau untuk menaikkan harga biasanya sangat sulit karena ini spek harga paten, yang bisa hanya menurunkan volume kemasan. Ini menurut saya pribadi untuk spek usaha yang saya geluti sudah maksimal, tidak bisa diturunkan lagi," jelasnya. 

Dengan demikian ia berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban  kedepannya bisa menekan harga bahan pokok di pasaran, sehingga pendapatan dari pelaku usaha bisa maksimal. 

"Semoga bahan baku bisa terpenuhi dengan harga yang stabil, sehingga pelaku usaha bisa maksimal, baik pendapatan maupun putarannya. Selain itu juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, karena kita juga menggunakn jasa tenaga dari tetangga dan saudara, sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi sekitar," imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Pengusaha Kerupuk Tuban, Pengusaha Mengeluh, bahan Pokok Naik, Blok Tuban, kabupaten Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat