Jaga Tradisi, Siratan Agung Lanjar Maibit Tuban Berlangsung Meriah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Perayaan tahunan sedekah bumi Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban tahun ini berlangsung sangat meriah, dengan menghadirkan berbagai pertunjukkan selama dua hari berturut-turut, yang berlokasi di Area Sendang Lanjar Maibit.

Puncaknya, Pemerintah Desa setempat mengadakan pawai budaya yang diikuti oleh ratusan muda-mudi di Desa Maibit. Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak ratusan masyarakat setempat sangat antusias untuk melihat dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia. 

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan ESDM, Esti Surahmi, Camat Rengel, Eko Wardono, Forkopimka Rengel, Kepala Desa dan Perangkat Desa, serta tokoh masyarakat dan agama. 

Wakil Bupati Tuban, Riyadi dalam sambutannya sangat mengapresiasi adanya kegiatan Kirab Budaya dan Siratan Agung di Lanjar Maibit tersebut. Pasalnya, kemeriahan dalam kegiatan itu jug mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat. 

“Kami mengapresiasi acara hari ini, begitu meriahnya dan ekonomi bergeliat. Ada uang yang berputar dan ini luar biasa,” paparnya, Kamis (8/9/2022).

Baca juga :

Upacara Adat Gumbregan Menurut Generasi Ke V Samin Surosentiko

Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast

Inovasi ITS di Hakteknas 2022, Kereta Cepat hingga Motor Listrik Generasi 2

Untuk itu, Riyadi mengaku jika saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban terus meningkatkan sinergitas bersama dengan Pemerintah Desa. Melalui program One Village One Produk (OVOP) yang mampu mengoptimalkan potensi desa, Produk UMKM, maupun kesenian yang ada. 

Bahkan, Wabup Riyadi mengungkapkan jika saat ini tidak hanya menyasar perekonomian desa saja, akan tetapi sudah menyasar hingga sektor Rumah Tangga. 

“Kesimpulannya bagaimana OVOP ini harus kita tangkap, apa potensi yang kita miliki dan harus dikembangkan. Karena dapat memberikan daya berupa kebangkitan ekonomi sampai ketingkat rumah tangga,” sambungnya. 

Sementara itu, Camat Rengel, Eko Wardono mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan menumbuhkembangkan budaya atau tradisi yang ada di Kecamatan Rengel. Kegiatan ini sendiri merupakan kolaborasi antara Pemerintah Desa setempat dengan Pemkab Tuban. 

Dengan adanya kegiatan ini, maka Eko sapaan arabnya berharap agar potensi-potensi unggulan yang ada di desa bisa semakin dikenal oleh masyarakat secara luas hingga ke luar provinsi. 

“Melalui kegiatan OVOP ini juga diharapkan masyarakat semakin bisa berdaya dan memiliki daya saing. Sehingga meningkatkan penghasilan keluarga dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara regional,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS