Kasus DBD Melonjak, Permintaan Darah Trombosit di Tuban Meningkat

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tuban sejak beberapa bulan trakhir ini, membuat permintaan darah trombosit di Palang Merah Indonesia (PMII) Tuban  meningkat daripada biasanya. Hal tersebut, menyusul cuaca tak menentu yang memicu serangan penyakit DBD. Humas sekaligus rekrutmen donor darah PMI Tuban, Sardju Effendi mengatakan jika beberapa hari trakhir ini permintaan darah trombosit di Kabupaten Tuban mengalami lonjakan, seiring dengan meningkatnya kasus DBD. 

Terkait: Demam Berdarah Serang Anak di Tuban hingga Meninggal, Orangtua Wajib Kenali Gejalanya

"Iya mbak memang permintaan komponen darah Trombocyte memang ada sedikit peningkatan, mungkin juga seiring dengan meningkatnya kasus DBD di Kabupaten Tuban," paparnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Selasa (23/8/2022). 

Kendati membutuhkan waktu untuk dapat memenuhi permintaan tersebut, karena persediaan darah yang tidak selalu tersedia setiap hari. Namun PMI Tuban telah berhasil memenuhi seluruh permintaan darah Trombosit dari masyarakat. 

Terkait: Demam Berdarah Serang Puluhan Anak di Tuban, 2 Diantaranya Meninggal Berusia Belasan Tahun

Pasalnya, Sardju sapaan akrabnya mengungkapkan jika masa kedaluwarsa dari darah tersebut terbilang pendek yaitu sekitar 5 hari setelah masa pengambilan darah. 

"Untuk sejauh ini Alhamdulillah sudah bisa memenuhi permintaan-permintaan tersebut, meski butuh waktu untuk memenuhinya karena stok persediaan komponen darah Trombocyte kami tidak ready setiap hari," sambungnya. 

Terkait: Tempat Ini Bisa Menjadi Sarang Nyamuk Demam Berdarah di Rumah

Lebih lanjut, sejak awal bulan Agustus hingga tanggal 21 Agustus 2022 lalu PMI Tuban telah melayani sebanyak 36 permintaan komponen trombosit dengan total jumlah sebanyak 102 kantong dari 4 golongan darah, baik komponen darah A, B, O maupun AB. 

Sekedar diketahui, sampai saat ini total stok komponen darah trombosit di PMI Tuban sebanyak 9 kantong darah. Diantaranya yaitu Golongan darah A sebanyak 4 kantong, golongan darah B sebanyak 2 kantong, golongan darah O sebanyak 2 kantong, sedangkan golongan darah AB sebanyak 1 kantong dan sewaktu-waktu dapat berubah.  [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS